alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terlihat Bahagia dan Banyak Teman, tapi Tetap Kesepian, Ini Penyebabnya!

Eliza Gusmeri Senin, 29 November 2021 | 17:46 WIB

Terlihat Bahagia dan Banyak Teman, tapi Tetap Kesepian, Ini Penyebabnya!
Ilustrasi Wanita Kesepian. (pexels.com/@amina-filkins)

Kesepian tak bisa dianggap remeh, karena dapat menyerang mental jika berlarut-larut. Rasa kesepian akan memicu berbagai kondisi mental yang gak baik seperti stres, depresi, da

SuaraBatam.id - Punya banyak teman dan selalu bergembira tak menjamin seseorang bisa jauh dari rasa kesepian. Bahkan di tempat ramai sekalipun, seseorang bisa merasakan kehampaan.

Kesepian tak bisa dianggap remeh, karena dapat menyerang mental jika berlarut-larut. Rasa kesepian akan memicu berbagai kondisi mental yang gak baik seperti stres, depresi, dan lain-lain.

Rasa sepi disebabkan oleh banyak pemicu, berikut, berikut sumbernya

1. Ikatan emosional yang kurang

Baca Juga: Tidak Sendirian, tapi Merasa Kesepian? Simak 3 Penyebab dan Tipsnya, yuk!

Kamu hanya berhubungan dengan seseorang karena kepentingan pekerjaan atau pendidikan saja, tanpa merasa perlu menjaga hubungan lebih lanjut dan lebih dalam.

Kamu merasa punya banyak teman, tetapi rasa sepi tetap mengikuti ke manapun karena kurang terikat atau terhubung secara emosional dengan mereka.

Penting sekali untuk menjaga hubungan baik dan terikat secara emosional dengan orang-orang di sekitar agar kita dan gak hanya sekadar kenal mereka, tetapi juga punya perasaan saling memiliki dan saling membantu satu sama lain.

2. Gak kenal diri sendiri

Perasaan sepi muncul ketika kita punya waktu luang dan gak tahu apa yang harus dilakukan. Terkadang rasa sepi juga muncul di sel-sela waktu sibuk, lantas karena terlalu lelah, pikiran kita tanpa sadar merasa sepi akibat kesibukan yang kita lakukan gak sesuai dengan keinginan kita.

Baca Juga: Selama Pandemi Covid-19 Banyak Lansia Mengalami Depresi, Terutama yang Kesepian

Kenali apa kesenangan diri, apa tujuan hidup, serta apa saja harapan kita ke depannya. Rasa sepi gak akan mendatangi orang-orang yang tahu pasti apa tujuan hidupnya. Rasa sepi kebanyakan muncul atau menampakkan diri pada mereka yang hanya hidup mengikuti arus, atau pasrah terhadap nasib yang terjadi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait