alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapal Pembawa Gula Masuk Indonesia, 13 ABK Asal India Positif Corona

M Nurhadi | Ronald Seger Prabowo Jum'at, 07 Mei 2021 | 19:02 WIB

Kapal Pembawa Gula Masuk Indonesia, 13 ABK Asal India Positif Corona
Kapal dari India mendarat di Pelabuhan Cilacap. [Instagram @explore_cilacap]

Dalam narasi yang tersebar, kapal MV Hilma Buker mengangkut 20 kru yang memuat gula rafinasi.

SuaraBatam.id - Ledakan wabah virus corona di India membuat banyak negara waspada hingga menutup transportasi dari negara tersebut.

Namun, baru-baru ini, warga Indonesia digegerkan dengan adanya informasi kapal berbendera asing tersebut diketahui membawa sejumlah ABK asal India yang belakangan 13 diantaranya diketahui positif Covid-19.

Informasi tersebut tersebar melalui pesan berantai aplikasi WhatsApp. Dalam narasi yang tersebar, kapal MV Hilma Buker mengangkut 20 kru yang memuat gula rafinasi.

Laporan SuaraJateng.id, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma'ruf membenarkan informasi yang beredar di masyarakat tersebut. Saat ini kapal tersebut tengah bersandar di perairan Kabupaten Cilacap.

Baca Juga: Hari Kedua Dilarang Mudik: Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 1,7 Juta Orang

"Kapal bermuatan gula rafinasi tiba di Cilacap pukul 16.00 WIB pada tanggal 25 April 2021 lalu. Kemudian dilakukan pemeriksaan karantina kesehatan oleh petugas KKP kelas II Cilacap, dengan hasil secara umum tampak sehat," kata Farid.

Total 13 dari 20 ABK terkonfirmasi positif virus corona. Kemudian pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan tes PCR kepada tiga penumpang yang terkonfirmasi positif covid-19.

"Hasilnya, tanggal 26 April pukul 17.14 WIB menerima hasil PCR yang menunjukkan konfirmasi positif covid-19. Kemudian tanggal 28 April 2021 lalu, boarding office KKP Kelas II Cilacap mengambil sampel Genoma 3 ABK yang positif tersebut untuk dikirim ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta," kata dia.

Guna lebih meyakinkan, akan kembali dilakukan pemeriksaan pada tanggal 30 April sampai 4 Mei.

"Selama menunggu semua ABK isolasi di kapal. Tapi sekarang sudah dievakuasi ke RSUD Cilacap karena didapati hasil 13 orang positif covid-19," terangnya.

Baca Juga: Ramadhan Keluarga Pak Modjo Season 2 (Part 4): Terungkapnya Rahasia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait