facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selain Cabai Mahal, Harga Bawang dan Sayuran di Tanjungpinang Ikutan Naik, Masyarakat: Apa-apa Sekarang Mahal

Eliza Gusmeri Jum'at, 01 Juli 2022 | 10:04 WIB

Selain Cabai Mahal, Harga Bawang dan Sayuran di Tanjungpinang Ikutan Naik, Masyarakat: Apa-apa Sekarang Mahal
Pedagang cabai dan kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional di Tanjungpinang. (Rico Barino/suara.com)

Selain harga cabai merah, hijau dan rawit komoditas pertanian lainnya seperti bawang dan sayuran juga mengalami kenaikan.

SuaraBatam.id - Harga cabai tembus Rp 110 hingga 130 ribu per kilogram (Kg) jelang hari raya Idul Adha di pasar Tanjungpinang.

Selain harga cabai merah, hijau dan rawit komoditas pertanian lainnya seperti bawang dan sayuran juga mengalami kenaikan.

Salah satu warga Tanjungpinang, Rima menyampaikan beberapa hari terakhir harga cabai sudah naik. Seperti di Pasar Baru Tanjungpinang, Rima mengeluhkan hingga hari ini tidak kunjung turun.

"Apa-apa sekarang mahal, untuk kebutuhan rumah saja terasa sekali. Harga cabai setan Rp 130 ribu, harga cabai merah Rp 110 ribu, untuk cabai hijau dan rawit Rp 100 ribu per kilogram," ujar Rima, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Sudah Semalam Imigran di Tanjungpinang Menginap di Depan Kantor UNHCR Menuntut Perbaikan Fasilitas Kesehatan ke IOM

Ia berharap, jelang Hari Raya Idul Adha kebutuhan pokok dapat lebih murah dan stok mencukupi karena sangat memberatkan. "Saya berharap jelang Idul Adha harga bisa kembali murah. Bayangkan saja saya beli cabai setan 2 ons harganya Rp 26 ribu, memberatkan," ujarnya.

Selain itu, salah satu pedagang di Pasar Baru I Tanjungpinang, Abdurahman mengakui harga cabai merah memang naik menyentuh harga Rp 110 ribu per kilogram. Kemudian harga cabai hijau juga naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram yang sebelumnya masih Rp 60 ribu per kilogram.

"Cabai merah ini naik lagi, modal kita sekarang Rp 95 ribu, kalau cabai hijau modalnya saja Rp 80 ribu," kata Abdurahman.

Kemudian harga cabai rawit jawa atau sering disebut cabai setan masih dibanderol Rp 120 ribu per kilogram, dan cabai rawit hijau dijual Rp 90 ribu per kilogram.

Penyebab harga masih tinggi, katanya berdasarkan informasi yang diperoleh dari agen karena di daerah penghasil harga juga sudah mahal akibat harga pupuk yang juga naik.

Baca Juga: Pengusaha Kuliner Pedas di Samarinda Harus Putar Otak Karena Harga Cabai Mahal

"Kata agen harga di tempat pengiriman juga masih mahal. Selain itu, untuk stok yang ada juga mulai sedikit," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait