alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Tanjungpinang, Catat Tanggalnya!

M Nurhadi Selasa, 23 Maret 2021 | 09:10 WIB

Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Tanjungpinang, Catat Tanggalnya!
Ilustrasi Hari Tanpa Bayangan (Pixabay/jplenio)

Kulminasi utama di Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

SuaraBatam.id - Sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan selama 5 hari berturut-turut. Fenomena hari tanpa bayangan ini terjadi mulai 23 Maret hingga 27 Maret 2021.

Melansir dari BMKG, hari tanpa bayangan adalah merupakan Kulminasi atau transit atau istiwa’ adalah fenomena saat matahari  berada di posisi paling tinggi di langit.

Ketika deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomena tersebut dinamakan Kulminasi Utama. Sehingga, pada saat itu matahari berada tepat di atas titik zenit.

Di saat yang sama, otomatis bayangan benda tegak akan nampak menghilang atau tidak muncul karena berada di titik yang sama dengan benda itu sendiri.

Baca Juga: Pengacara Terdakwa Korupsi Azman Tak Terima Kliennya Dihukum Lebih Berat

Hari tanpa bayangan terjadi karena bidang ekuator Bumi / bidang rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika / bidang revolusi Bumi, sehingga posisi Matahari dari Bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun  antara  23,5o  LU  s.d.  23,5o  LS. 

Tahun  ini,  Matahari  tepat  berada  di  khatulistiwa  pada    20  Maret  2021  pukul  16.37  WIB  dan 23  September  2021  pukul  02.21  WIB.  Adapun  pada  21  Juni  2021  pukul  10.32  WIB,  Matahari berada di titik balik Utara dan pada 21 Desember 2021 pukul 22.59 WIB Matahari berada di titik balik Selatan.

Lantaran Indonesia berada dekat ekuator, kulminasi utama di Indonesia akan  terjadi  dua  kali  dalam  setahun  dan  waktunya  tidak  jauh  dari  saat  Matahari  berada  di khatulistiwa. 

Berikut adalah sejumlah kota di Indonesia dan waktu kedatangan hari tanpa bayangan.

Selasa, 23 Maret 2021

Baca Juga: Sempat Hilang, Mandor Ditemukan Tewas Mengenaskan di Kebun Sawit

Tanjung Pinang, Kepulauan Riau jam 12.08 WIB.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait