alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Hutan Mata Kucing Batam, Legenda Tempat Buang Jin yang Kini Bersolek Jadi Indah

M Nurhadi Rabu, 07 Juli 2021 | 09:17 WIB

Wisata Hutan Mata Kucing Batam, Legenda Tempat Buang Jin yang Kini Bersolek Jadi Indah
Hutan Wisata Mata Kucing Batam (Ist)

Selain suaka margasatwa, Hutan Wisata Mata Kucing juga memiliki kolam renang dan arena permainan olahraga sejenis outbond yang sangat menantang adrenalin.

SuaraBatam.id - Batam yang terkenal dengan deru mesin dari berbagai kompleks industri pabrik dan galangan kapal ternyata memiliki sebuah ekowisata yang sudah berusia puluhan tahun, yakni Hutan Wisata Mata Kucing.

Hutan Mata Kucing sudah ada sejak lama, tetapi pada akhir era 90-an hutan konservasi ini baru dibuka untuk umum. Lalu pada tahun 2003 hutan ini direnovasi dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Batam.

Baru sekitar tahun 2009 Pemkot Batam merenovasi kembali kawasan wisata hutan ini yang didesain sedemikian rupa menjadi sebuah kebun binatang mini.

Hutan Wisata Mata Kucing merupakan ekowisata yang dibangun di atas lahan seluas 193 hektar yang berada di Batam. Tepatnya di Jalan Diponegoro, kawasan Sekupang, Batu Aji.

Baca Juga: Pria Paruh Baya Ditemukan Tak Bernyawa di Rumah, Polisi Konfirmasi Positif Covid-19

Hutan Wisata Mata Kucing memiliki keindahan alam dan keberagaman koleksi satwa yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Wisata keluarga di Batam ini masih alami dengan banyaknya pepohonan tinggi. Di dalamnya terdapat beberapa jenis satwa yang menjadi koleksi kebun binatang mini antara lain, beruang madu, buaya, ular, kura-kura.

Ada pula beberapa spesies primata seperti monyet, beruk, siamang coklat dan siamang hitam. Di sini juga terdapat spesies burung seperti elang, bangau dan burung perkutut yang suaranya saling bersahut-sahutan satu dengan lainnya sehingga menciptakan harominisasi alam yang merdu.

Di hutan ini juga terdapat kolam yang cukup besar yang berisi puluhan ikan-ikan raksasa seperti ikan arwana yang ukurannya mencapai 1 meter, lele dumbo, dan ikan predator arapaima gigas yang panjangnya mencapai 2 meter.

Kolam ikan di Hutan Wisata Mata Kucing ini merupakan salah satu tempat favorit pengunjung karena mereka bisa melihat ikan-ikan besar sekaligus bisa memberi makan yang telah dijual oleh pengelola.

Selain suaka margasatwa, Hutan Wisata Mata Kucing juga memiliki kolam renang dan arena permainan olahraga sejenis outbond yang sangat menantang adrenalin. Di antaranya ada jembatan tali yang melintasi kolam, flying-fox, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengungkap Sejarah Raja Pertama Kota Batam Dari Makam Zuriat Nong Isa

Wisata alam yang masih asri ini selain ramai dikunjungi oleh wisatawan, di sisi lain ternyata memiliki ragam cerita yang beredar di masyarakat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait