facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wan Darussalam Resmi Jadi Pejabat Bidang Pengusahaan BP Batam Setelah Dilantik Airlangga Hartarto

Eliza Gusmeri Kamis, 14 April 2022 | 10:50 WIB

Wan Darussalam Resmi Jadi Pejabat Bidang Pengusahaan BP Batam Setelah Dilantik Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/4) melantik Wan Darussalam [antara]

Ia dilantik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/4).

SuaraBatam.id - Wan Darussalam resmi jadi Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam untuk meneruskan masa jabatan periode 2019-2024.

Ia dilantik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/4).

Wan Darussalam merupakan pejabat yang sebelumnya berkarir lebih kurang selama 22 tahun di Pemerintah Kota Batam dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Perencanaan Daerah.

Dengan menempati posisi baru tersebut, diharapkan akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi BP Batam dan akan mempererat koordinasi pengembangan Pulau Batam dengan Pemerintah Kota Batam.

Baca Juga: Berita Batam Kemarin: Putra Siregar Jadi Tersangka- Pejabat BP Batam Syaril Japarin Digantikan Wan Darussalam

Melalui rilis yang diterima di Jakarta, Kamis disebutkan, dalam agenda tersebut, Menko Airlangga mengingatkan seluruh Pimpinan BP Batam, meskipun BP Batam merupakan Badan Layanan Umum yang mengelola pendapatan berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk membiayai kegiatannya, BP Batam tetap harus menjadi fasilitator dan faktor penarik untuk pengembangan investasi di Pulau Batam.

“BP Batam harus tetap meningkatkan pelayanan dan kepastian investasi di Pulau Batam, terlebih saat kondisi global yang sangat dinamis ini,” ungkapnya.

Airlangga menyebut BP Batam harus dapat menangkap berbagai peluang baru dengan tetap mempertahankan berbagai peluang yang ada. Untuk itu, ia meminta agar BP Batam mempercepat penyelesaian berbagai minat investasi, antara lain untuk pengembangan energi baru dan terbarukan melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung, data center, dan pariwisata berbasis budaya.

Selain itu, BP Batam juga perlu mempercepat pengembangan infrastruktur strategis, antara lain Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Batu Ampar. Pengembangan infrastruktur tersebut menjadi sangat penting untuk menjaga daya saing Pulau Batam dalam menarik investasi dan dapat menurunkan biaya logistik yang masih cukup tinggi dan kurang kompetitif, terutama bila dibandingkan dengan tetangga Pulau Batam yaitu Singapura.

Tak hanya itu, BP Batam juga diminta untuk segera menyesuaikan rencananya ke depan dengan Rencana Induk Pengembangan KPBPB Batam, Bintan, dan Karimun yang saat ini tengah diselesaikan Rancangan Perpres-nya.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Batam, Bintan dan Tanjungpinang 12 Ramadhan 1443 H

Dengan pelantikan pimpinan BP Batam tersebut, Airlangga meminta BP Batam agar segera berlari kencang untuk melakukan pemulihan kegiatan perekonomian di Batam dan merealisasikan berbagai rencana atau minat investasi baru yang telah diajukan oleh investor.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait