facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kebakaran Hutan di Bintan Merajalela, 2 Ha Lahan Habis, Diduga Sengaja Dibakar

Eliza Gusmeri Selasa, 18 Januari 2022 | 14:24 WIB

Kebakaran Hutan di Bintan Merajalela, 2 Ha Lahan Habis, Diduga Sengaja Dibakar
Ilustrasi Kebakaran Hutan. [Antara]

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengaku karhutla telah tiga kali terjadi dalam sepekan ini.

SuaraBatam.id - Kebakaran hutan di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau semakin mengkhawatirkan. Muncul dugaan, pembakaran hutan itu sengaja dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab.

Dikutip dari Batamnews, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengaku karhutla telah tiga kali terjadi dalam sepekan ini. Lokasi karhutla itu semuanya berada di wilayah Kecamatan Bintan Timur.

"Ada tiga kali karhutla di Kecamatan Bintan Timur. Dalam bencana itu meludeskan 2 hektare (Ha) lahan," ujar Roby, kemarin.

Agar masalah karhutla ini tidak berkepanjangan dan dapat segera teratasi. Pemkab Bintan meminta bantuan ke pihak TNI/Polri untuk menuntaskan hal tersebut. Kemudian dapat kembali memberi kenyaman di lingkungan masyarakat.

Selain itu juga dia mengiimbau kepada masyarakat. Di musim pancaroba saat ini untuk selalu berhati-hati terhadap maraknya karhutla. Kemudian masyarakat juga harus mengambil peran, dan selalu sigap melaporkan pada pihak berwajib. Begitu juga lurah dan camat untuk proaktif menyampaikan masalah ini.

Baca Juga: Pemilihan Ketua RW Dianggap Curang, Warga Taman Seruni Batam Ribut Sampai Didatangi Aparat

Sementara itu, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan bahwa saat ini sudah beberapa kali terjadinya karhutla. Meskipun belum diketahui penyebabnya dan juga tidak ada korban jiwa namun menimbulkan kerugian negara serta membahayakan jiwa dan materi.

"Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus berperan aktif memberikan himbauan kepada masyarakat agar membuka lahan tidak dengan cara membakar," pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait