alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenali Tanda-tanda Orang Rendah Diri dengan Cara Berikut

Eliza Gusmeri Senin, 18 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Kenali Tanda-tanda  Orang Rendah Diri dengan Cara Berikut
Ilustrasi sombong. [Dok.Pixabay]

Sifat ini sangat menghambat kemajuan seseorang.

SuaraBatam.id - Orang yang rendah diri, adalah orang yang tak bisa menerima dirinya sendiri, baik kelebihan dan kekurangannya. Sifat ini sangat menghambat kemajuan seseorang. Mungkin kamu pernah merasa rendah diri atau menemukan orang dengan sifat seperti itu.

Sifat-sifat rendah diri ini gampang dikenali. Untuk lebih tahu, coba kenali kharakteritik dari seorang rendah diri.

1. Bersikap defensif ketika diberi kritikan atau saran

Orang yang percaya diri, telah merasa nyaman dengan apa adanya dia, sehingga kalau ada kritikan atau saran, akan ditanggapi dengan tepat. Jika kritikan itu bersifat merendahkan, akan diabaikan dan gak dimasukkan dalam hati. Ketika kritikan itu membangun, akan dijadikan masukan supaya dia bisa lebih baik lagi.

Baca Juga: Polisi Batam Tangkap Pejambret yang Sebabkan Korban Meninggal, Satu Pelaku Remaja

Sementara orang yang rendah diri, karena ada perasaan insecure yang ia alami. Makanya, kritikan atau saran dipandang sebagai sebuah serangan. Sikapnya jadi defensif, sekalipun kritikan itu disampaikan dengan sehalus mungkin.

2. Senang bicara yang gak penting

Jangan terkecoh dengan orang yang suka omong besar. Karena justru sikapnya itu bisa menandakan ia tak miliki cukup kepercayaan diri. Ia menganggap dengan bicara hal-hal gak penting, bisa dibilang berilmu atau dipandang hebat.

3. Senang pamer

Orang yang senang pamer sebenarnya patut dikasihani. Karena hal tersebut mencirikan kalau dirinya gak merasakan kebahagiaan hakiki. Ada rasa rendah diri dalam dirinya, sehingga butuh pengakuan orang lain.

Baca Juga: Update, Nol Kasus: 7 Kecamatan di Batam Zona Hijau

Orang yang rendah diri, menganggap kalau bisa membeli barang-barang mewah dan dipamerkan sehingga dibilang orang kaya atau berada, akan menambah value dirinya. Atau bisa membuatnya bahagia. Padahal, namanya kebahagiaan itu bersumber dari dalam diri sendiri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait