alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Kuliner Khas Batam Ini Bikin Ngiler, Cobain Cumi Masak Hitam

Eliza Gusmeri Sabtu, 18 September 2021 | 10:15 WIB

5 Kuliner Khas Batam Ini Bikin Ngiler, Cobain Cumi Masak Hitam
Kuliner khas Batam (foto: seniberjalan)

variasi kuliner mirip negara serumpun

SuaraBatam.id - Kuliner Khas Batam sangat beragam. Citra Kuliner Batam dipengaruhi kazanah makanan Melayu, India, Singapura dan Malaysia.

Sehingga variasi kuliner di Batam dengan negara serumpun hampir mirip. Beberapa kuliner khas Batam berikut ini wajib dicoba.

Berikut 5 Kuliner Khas Batam

1. mie tarempa

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Batam Hari Ini 18 September 2021

Mie Tarempa (seniberjalan)
Mie Tarempa (seniberjalan)

Mie Tarempa termasuk makanan khas Melayu Kepri dan tentunya juga ditemui pada kuliner Batam, namun juga ditemui diberbagai kedai di Batam. Mie Tarempa berasal dari desa Tarempa, Anambas.

Mie Tarempa memiliki tekstur mie yang lebar. Mie ini dicampur olahan ikan dan ayam. Inilah yang membuat mie ini lezat dilidah.

2. Mie Lendir

Mie lendir (seniberjalan)
Mie lendir (seniberjalan)

Mie Lendir adalah mie rebus yang disiram kuah kental (biasanya dari olahan tepung) yang disajikan hangat. Kuah Mie Lendir merupakan kuah kental yang dicampur dengan olahan kacang.

3. Roti Prata

Baca Juga: Warga Batu Besar Batam Tolak Pelebaran Jalan oleh BP, Takut Rumah Digusur

Roti Prata (seniberjalan)
Roti Prata (seniberjalan)

Roti Prata memang identik dengan makanan India. Di Batam jenis makanan ini juga membumi dan menjadi makanan ringan atau cemilan dalam ragam kuliner Batam.

Roti Prata adalah olahan roti dari tepung terigu yang digoreng seperti martabak. Penyajiannya disandingkan dengan kuah kari yang berisi daging ayam.

4. Cumi Masak Hitam

Cumi Masak Hitam (seniberjalan)
Cumi Masak Hitam (seniberjalan)

Cumi Masak hitam adalah masakan yang terlihat meragukan untuk dimakan karena tampilan makanan ini dilumuri dengan kuah hitam.

Kuah hitam ini berasal dari tinta cumi yang diolah dengan bumbu yang khas. Padahal rasanya tidak menggambarkan bentuknya, cenderung asam dan manis.


5. Mie Sagu

Mie Sagu (seniberjalan)
Mie Sagu (seniberjalan)

Olahan Mie Sagu sebenarnya lebih mudah ditemui di Selat Panjang Meranti, Riau. Makanan ini juga ditemukan di Batam. Sesuai namanya, Mie Sagu terbuat dari tepung sagu.

Dalam olahan makan disajikan dalam bentuk mie sagu goreng, lembab dan rebus. Campuran Mie Sagu berupa tauge, telur, bakso ikan, udang atau potongan ikan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait