alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lifter Muda Aceh Nurul Akmal Dapat Hadiah Satu Unit Rumah Dari Pemerintah

M Nurhadi Rabu, 04 Agustus 2021 | 19:34 WIB

Lifter Muda Aceh Nurul Akmal Dapat Hadiah Satu Unit Rumah Dari Pemerintah
Nurul Akmal, lifter asal Aceh yang berhasil menempati posisi 5 nomor +87 Olimpiade Tokyo 2020. (Reuters / Edgard Garrido)

"Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Nurul Akmal, dan sesuai arahan Gubernur Aceh, satu unit rumah akan dibangun untuk Nurul," kata Dedi.

SuaraBatam.id - Atlet angkat besi asli Aceh Nurul Akmal yang mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 bakal mendapatkan hadiah berupa satu unit rumah dari Pemerintah Aceh yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) Perubahan.

"Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Nurul Akmal, dan sesuai arahan Gubernur Aceh, satu unit rumah akan dibangun untuk Nurul," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Dedi Yuswadi, Rabu (4/8/2021).

Tidak hanya itu, guna mendukung kegiatan Nurul sebagai atlet angkat besi, Pemerintah Aceh juga sudah mengangkat Nurul Akmal sebagai tenaga kontrak di Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh.

Lifter putri Nurul Akmal menjadi penutup penampilan tim Indonesia di cabang angkat besi dengan menempati peringkat lima kelas +87kg yang berlangsung di Tokyo International Forum, Senin (2/8/2021). 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020

Amel, sapaan akrab nurul Akmal berhasil melakukan angkatan snatch 115kg dan clean and jerk 141kg dengan total angkatan 256kg. 

Sebelumnya, lifter muda andalan Indonesia itu mengawali kompetisi bergengsi tersebut dengan mengangkat beban 107kg di kesempatan pertama snatch. Secara bertahap, Amel menambah bebannya menjadi 111kg dan 115kg, lalu mengakhiri sesi snatch di urutan kelima.

Dengan posisi relatif aman di peringkat lima, tim pelatih mulai menjalankan strategi untuk mendongkrak peringkat Amel. Sesi clean and jerk diawali dengan beban 141kg.

Dalam usahanya menaikkan peringkat, Amel melakukan angkatan 151kg di kesempatan kedua, namun gagal. Tim pelatih kembali menambah beban menjadi 154kg di percobaan ketiga dan Amel kembali gagal. 

Meski demikian, penampilan Amel di Olimpiade kali ini tentu jadi pengalaman dan modal penting menyambut turnamen berikutnya. [Antara]

Baca Juga: Atlet Skateboard Termuda Britania Raya Sky Brown Sabet Perunggu Olimpiade Tokyo

Baca Juga

Berita Terkait