alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ruang Inap Pasien Covid-19 di Kepri Terancam Tak Mencukupi

M Nurhadi Senin, 03 Mei 2021 | 20:32 WIB

Ruang Inap Pasien Covid-19 di Kepri Terancam Tak Mencukupi
RSUD Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau, tempat Nurul Hidayati bertugas sebagai perawat. (Foto: Dok. Pribadi)

"Jika jumlah pasien terus bertambah hingga 100 persen dibanding April 2021, kondisi ruang inap tentu tidak mencukupi," kata Bisri.

SuaraBatam.id - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mencatat penggunaan ruang inap rumah sakit untuk pasien COVID-19 di wilayah itu rata-rata mencapai 50 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Bisri mengatakan, jumlah ruang inap di seluruh rumah sakit di wilayah itu sekitar 800 ruangan.

"Sejak April 2021, terjadi peningkatan jumlah pasien COVID-19 yang cukup signifikan. Jika jumlah pasien terus bertambah hingga 100 persen dibanding April 2021, kondisi ruang inap tentu tidak mencukupi," katanya, Senin (3/5/2021)

Bisri mengungkapkan, ada 19 rumah sakit di Batam dan empat rumah sakit belum terisi. Jumlah pasien COVID-19 di sebanyak 681 orang, 114 orang di antaranya menjalani isolasi mandiri dan sisanya dirawat di rumah sakit. 

Baca Juga: Gelombang Ketiga Reda, Jerman Prediksi Kurva Covid-19 Akan Segera Melandai

Sementara jumlah pasien COVID-19 di Tanjungpinang 294 orang, sebanyak 236 orang menjalani isolasi mandiri, 18 orang karantina di LPMP Kepri di Bintan, dan sisanya dirawat di RSUP Kepri, RSUD Tanjungpinang dan RSAL Tanjungpinang.

Di Kabupaten Karimun, jumlah pasien sebanyak 115 orang, terdiri dari 79 orang isolasi mandiri, dan 19 orang karantina terpadu di PKM Meral Barat. Sedangkan 16 orang dirawat di RSUD M Sani, satu orang di RSU Bhakti Timah.

Sementara di Natuna terdapat tiga pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri. Di Natuna terdapat RSUD Natuna dan RSAU dr Yuniani Wisma Karyani.

Jumlah pasien di Bintan saat ini mencapai 149 orang, terdiri dari 132 orang menjalani isolasi mandiri, dan sembilan orang karantina di LPMP Kepri di Bintan.

Sedangkan empat orang lainnya dirawat di RSUP Kepri, tiga orang dirawat di RSUD Bintan, dan satu orang dirawat di RSAL Tanjungpinang. Bintan juga memiliki RSUD Engku Haji Daud.

Baca Juga: Dukung GeNose C19 Jadi Alat Skrining Covid-19, Ini Alasan BSN

Dilanjutkan sembilan pasien COVID-19 di Lingga, delapan orang di antaranya menjalani isolasi mandiri, sedangkan satu orang lainnya dirawat di RSUD Dabo. Di Lingga juga terdapat RSUD Encik Maryam.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait