alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pelajar di Batam Mulai Sekolah Tatap Muka, Kecuali Kelas 1,2,3 Setingkat SD

M Nurhadi Jum'at, 23 April 2021 | 19:43 WIB

Pelajar di Batam Mulai Sekolah Tatap Muka, Kecuali Kelas 1,2,3 Setingkat SD
Ilustrasi sekolah tatap muka [SuaraSulsel.id / Humas Pemprov Sulsel]

"Jadi untuk SD tatap muka hanya kelas 4,5 dan 6 saja yang tatap muka. Itupun bagi sekolah yang sudah mendapatkan izin memenuhi syarat PTM," ujar Hendri.

SuaraBatam.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam akhirnya memutuskan kegiatan belajar mengajar akan digelar secara daring untuk pelajar kelas 1-3 tingkat Sekolah Dasar (SD) di wilayah itu. Namun, untuk kelas 4-6 SD, SMP dan SMA tetap belajar tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih tetap berjalan, walaupun kasus Covid-19 saat ini dilaporkan mengalami peningkatan.

"Jadi untuk SD tatap muka hanya kelas 4,5 dan 6 saja yang tatap muka. Itupun bagi sekolah yang sudah mendapatkan izin memenuhi syarat PTM,"  ujar Hendri kepada Batamnews (jaringan Suara.com), Jumat (23/4/2021).

Hendri melaporkan, hingga kini belum ada kasus Covid-19 yang berasal dari klaster sekolah sehingga pihaknya berani menggelar belajar tatap muka.

Baca Juga: Begini Kesiapan Satgas Covid-19 Pulangkan TKI di Batam

"Saya mohon di keluarga peserta didik dan guru untuk mematuhi protokol kesehatan yang ketat juga. Karena sejauh ini (penularan) yang terjadi sering dari klaster keluarga," katanya. 

Untuk libur awal Ramadan 1442 H dilakukan 12-13 April 2021, dan pesantren Ramadan telah dilaksanakan pada 14-17 April 2021. 

Sementara untuk libur sebelum dan sesudah Idul Fitri dan cuti bersama dari 10 hingga 22 Mei 2021, meski hal ini masih menunggu keputusan pemerintah.

Pada pelaksanaan pesantre Ramadan lalu, Hendri menjelaskan bahwa kegiatannya dilaksanakan secara daring. 

"Teknis dan bentuk kegiatan pesantren dibuat oleh satuan pendidikan, misalnya membuat kesimpulan dari menonton ceramah Ramadan di televisi atau pendidikan kecakapan hidup," katanya.

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Batam Paling Cocok Untuk Berbuka

Pesantren Ramadan hanya boleh dilakukan di dalam kelas sesuai dengan panduan PTM. Tidak dibenarkan dilakukan di lapangan ataupun musala untuk mengindari kerumunan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait