alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Penyebab Jaringan Telekomunikasi di Natuna Down Pekan Ini

M Nurhadi Kamis, 04 Februari 2021 | 10:30 WIB

Ini Penyebab Jaringan Telekomunikasi di Natuna Down Pekan Ini
Tower telekomunikasi. [Pixabay]

Masalah yang sebelumnya terjadi pada Transmisi PRB jalur Natuna-Singkawang-Batam.

SuaraBatam.id - Jaringan telekomunikasi di Kabupaten Natuna sempat mengalami masalah pada Selasa (2/2/2021) malam kemarin. Penyebabnya lantaran Transmisi Palapa Ring Barat (PRB) jalur Natuna-Singkawang terputus.

Hal ini dibenarkan Kepala Diskominfo Natuna, Raja Darmika. Ia menuturkan, jaringan PRB jalur Natuna-Singkawang sempat mengalami gangguan pada Selasa (2/2/2021) malam hingga Rabu (3/2/2021) siang.

"Alhamdulillah sekitar jam 11.00 WIB transmisi milik BAKTI Kominfo tersebut berhasil diperbaiki dan telah kembali normal siang tadi," ucapnya kepada Batamnews (jaringan Suara.com), Rabu (3/2/2021) malam.

Berkaitan dengan hal ini, SPV RTPO Telkomsel Tanjungpinang, Yurianda Syahputra Pane mengatakan, sebenarnya Natuna memiliki dua jalur transmisi PRB milik BAKTI Kominfo di Natuna-Tarempa-Batam dan jalur Natuna-Singkawang-Batam.

Baca Juga: Sempat Hilang, Kapal Nelayan Asal Kalbar Ditemukan di Pulau Karang

Ia menjelaskan, masalah yang sebelumnya terjadi pada Transmisi PRB jalur Natuna-Singkawang-Batam. Sehingga Natuna sempat mengalami down jaringan sampai pada Rabu (3/2/2021) siang.

"Untuk jalur PRB Tarempa-Batam sedang mengalami putus jalur laut semenjak tanggal 21 Januari kemarin. Dan pihak BAKTI Kominfo saat ini sedang melakukan perbaikan," ujar Yuri.

Ia melanjutkan, ada beberapa titik yang tidak terdampak karena masih menggunakan VSAT Telkomsel. Seperti daerah Midai, dan yang menggunakan transmisi Radio IPLH seperti Serasan, Pulau Panjang dan Subi.

Sementara untuk wilayah Bunguran Besar dan Pulau Laut yang telah beralih ke PRB akan mengalami dampak jika terjadi kerusakan pada jalur transmisi PRB ini.

Baca Juga: Mondar-mandir di Periran Indonesia, Bakamla RI Tindak Tegas Kapal China

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait