Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas! Beredar Penipuan Berkedok Facebook dan Whatsapp Istri Gubernur Kepri

M Nurhadi Kamis, 24 September 2020 | 16:17 WIB

Awas! Beredar Penipuan Berkedok Facebook dan Whatsapp Istri Gubernur Kepri
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. [Shutterstock]

"Ini adalah akun penipuan, jangan diladeni," ujar Iskandar.

SuaraBatam.id - Belum selesai kasus penipuan yang mencatut nama Bupati Bintan Apri Sujadi dan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. Kini kembali penipuan dengan modus yang serupa.

Bedanya, pelaku penipuan dengan modal akun Facebook dan Whatsapp ini mengatasnamakan istri Gubernur Kepulauan Riau, Rosmeri Isdianto.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Provinsi Kepulauan Riau, Iskandar Zulkarnaen mengatakan, akun yang buatan pihak tidak bertanggungjawab itu meminta sejumlah uang ke beberapa kontak dan pimpinan lembaga dengan alasan bantuan biaya penanganan Covid-19.

"Kami mendapati bahwa akun Facebook ibu Gubernur telah dipalsukan atas nama Rosmeri Isdianto dan akun WhatssApp dengan menggunakan nomor seluler 083139881100 dan 0811919850 yang mana kedua akun ini meminta sejumlah uang mengatasnamakan ibu (istri) Gubernur," terang Iskandar, Kamis (24/9/2020).

Ia juga memberi imbauan kepada warga agar tidak menuruti dan melaporkan jika ada permintaan dari kedua akun ini. 

"Ini adalah akun penipuan, jangan diladeni," imbuh dia, melansir Batamnews (jaringan Suara.com).

Akun penipuan yang mengatasnamakan Rosmeri Isdianto itu diketahui merupakan akun kloning baru yang dengan cepat diketahui usai dilacak tim IT Diskominfo.

"Akun ini sudah dalam radar Kementerian Kominfo khususnya satgas kejahatan cyber," jelas Iskandar.

Sementara nomor Whatsapp yang digunakan pelaku penipuan diduga berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan dan satu lainnya dari Jakarta.

"Sehingga kami mengimbau masyarakat untuk mengabaikan saja dan segera menghubungi kami jika ada aktivitas meminta uang yang mengatasnamakan ibu Gubernur Kepulauan Riau, Rosmeri Isdianto," kata Iskandar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait