Kerugian Negara Capai Rp1 Triliun dari Pencucian Uang Rokok Ilegal di Kepri

Pencucian itu diketahui dari Operasi Laut Terpadu Jaring Sriwijaya yang digelar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada tahun 2020 lalu.

Eliza Gusmeri
Jum'at, 23 September 2022 | 13:49 WIB
Kerugian Negara Capai Rp1 Triliun dari Pencucian Uang Rokok Ilegal di Kepri
Unit Kapal HSC Milik Penyelundup Rokok di Wilayah Kepri yang Saat Disita Oleh Negara (Suara.com/partahi)

SuaraBatam.id - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mengungkap kerugian negara mencapai angka Rp1 Triliun dari pidana pencucian uang para penyelundup rokok ilegal di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Pencucian itu diketahui dari Operasi Laut Terpadu Jaring Sriwijaya yang digelar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada tahun 2020 lalu.

"Para penyelundup rokok ilegal yang berhasil diamankan dalam operasi 2020 lalu ini. Merugikan pendapatan negara hingga Rp1 Triliun," ungkap Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani saat kunjungannya ke Batam, Jumat (23/9/2022).

Untuk pengungkapan ini, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 51.400.000 batang rokok impor ilegal merek Luffman yang dibawa dari Vietnam.

Baca Juga:Rutan Banyumas Gagalkan Penyeludupan Obat Psikotropika, Begini Modusnya

Selain itu, barang bukti lain adalah 1 unit Kapal Layar Motor (KLM) Pratama GT210, 1 unit mobil, 1 unit kapal giant High Speed Crafts (HSC) 38 meter mesin MAN 3x1.800 HP, 5 unit HSC, 3 unit speedboat yang seluruhnya telah disita oleh Negara.

HSC sendiri merupakan kapal dengan konstruksi fiber yang dilengkapi 4-8 unit mesin berkecepatan tinggi dengan desain open top yang dirancang khusus untuk penyelundupan.

"Untuk HSC Giant yang kita sita itu, adalah salah satu upaya pencucian uang yang dilakukan oleh para pemain rokok ini. Saat ini kapal yang dimaksud masih ditahan di salah satu Galangan Kapal di Batam. Jadi untuk mencuci uang hasil kejahatannya, mereka ini merakit kapal HSC berukuran besar yang mungkin kegunaannya untuk aktifitas penyelundupan dengan kuota yang lebih besar," tegasnya.

Pengungkapan pencucian uang yang dilakukan oleh para penyelundup ini, diawali dengan penangkapan aktifitas ilegal pemindahan rokok secara Ship to Ship, yang diketahui wilayah perairan Berakit, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau pada Oktober 2020 silam.

Petugas patroli laut Bea Cukai saat itu mendapati Kapal Layar Motor (KLM) Pratama, yang tengah memindahkan muatan rokok ilegal ke Speedboat, dan nantinya akan diedarkan di sepanjang Pesisir Timur Sumatera.

Baca Juga:KPK Diminta Turun Tangan Usut Dugaan Pencucian Uang Di Balik Bisnis Judi Konsorsium 303 Kaisar Sambo

"Itu adalah awal kami akhirnya berhasil mengungkap pencucian uang ini. Saat itu kami berhasil mengamankan 14 tersangka. Dan satu tersangka lain atas nama Jamal yang berperan sebagai koodinator lapangan," paparnya.

News

Terkini

Menurut dokter yang menanganinya, dr. Puspa H Widyowati mengungkapkan ada cedera di bagian kepala Lesti Kejora.

News | 11:30 WIB

Film Justice League dirilis pada November 2017 lalu, dan berikut beberapa fakta-fakta tentang film yang tak kalah menarik dari Avengers:

News | 11:00 WIB

Yeni selaku Ketua RT di lingkungan tinggal Rizky Billar dan Lesti Kejora juga menyebutkan bahwa mereka masih mengontrak rumah.

News | 10:35 WIB

Setelah kematian tragis bintang film Chadwick Boseman, ada banyak rumor tentang siapa yang akan meneruskan superhero Black Panther.

News | 10:30 WIB

Sementara, Scorpio akan mengungkapkan perasaan cinta yang tulus kepada pasangan hari ini.

News | 10:30 WIB

Menurutnya berita yang disebar ke grup WhatsApp tersebut adalah pesan berantai yang diperoleh dari grup lain.

News | 10:15 WIB

Angka tersebut disampaikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)

News | 09:00 WIB

Sebenarnya penting mengetahui sifat pasangan terlebih dulu sebelum memutuskan menikah karena ada beberapa zodiak yang tak cocok bila hidup bersama.

News | 09:00 WIB

Acara FKUB ini akan berlangsung pada tanggal 5-6 Oktober 2022.

News | 07:00 WIB

Mereka juga disebut gampang sukses dan bisa hidup dengan mulus.

News | 06:00 WIB

Di rumah tersebut dihadiri oleh Yenni, Ketua RT tempat Lesti Kejora dan Rizky Billar tinggal, ia menjelaskan proses olah TKP tersebut.

News | 20:00 WIB

Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan pemantauan di 90 kota di Indonesia yang menunjukkan terdapat 88 kota mengalami inflasi dan dua kota mengalami deflasi.

News | 19:00 WIB

Polri juga tengah mendalami keterangan manajer pengamanan dari pangkat perwira hingga perwira menengah.

News | 18:00 WIB

PSSI memastikan pertandingan itu digelar tanpa penonton di stadion.

News | 17:00 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memutuskan jabatan itu dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero).

News | 16:00 WIB
Tampilkan lebih banyak