Pemerintah Masih Belum Berlakukan Bebas Visa untuk Wisman di Kepri

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mendesak pemerintah pusat kembali memberlakukan visa utuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di wilayah itu.

Eliza Gusmeri
Kamis, 22 September 2022 | 20:07 WIB
Pemerintah Masih Belum Berlakukan Bebas Visa untuk Wisman di Kepri
Ilustrasi wisatawan.[pexels.com/mentatdgt]

SuaraBatam.id - Sampai saat ini kebijakan khusus bebas visa di Kepulauan Riau (Kepri) masih belum diberlakukan.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mendesak pemerintah pusat kembali memberlakukan visa utuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di wilayah itu.

"Saya sudah menyurati Kementerian Hukum dan HAM agar memberlakukan kembali kebijakan bebas visa tidak hanya sebatas untuk ASEAN, melainkan juga negara lainnya yang potensial berkunjung ke Kepri. Kami yakin Pak Menteri menyetujuinya," kata Ansar di Tanjungpinang, Kamis.

Menurutnya, kebijakan bebas visa itu salah satunya untuk menggaet ribuan orang dengan status ekspatriat yang kerja di Singapura untuk berkunjung ke kawasan pariwisata di Kepri.

Baca Juga:Batam Terapkan Uji Coba Tilang Elektronik Hari Ini, Daerah Lain Menyusul

"Ada potensi ekspatriat yang kerja di Singapura dan negara border yang biasa liburan akhir pekan jadi kurang minatnya datang (ke Kepri) karena harus bayar Visa on Arrival (VOA)," ujarnya.

Gubernur Ansar mengatakan Presiden Joko Widodo pada Maret 2016 mengesahkan Perpres Nomor 21 Tahun 2016 terkait keimigrasian. Berdasarkan peraturan itu, sebanyak 169 negara berhak mendapatkan izin tinggal dengan pengecualian hanya dapat digunakan untuk keperluan wisata serta keperluan bisnis dan dapat digunakan selama 30 hari tanpa bisa diperpanjang.

Syarat untuk mendapatkan bebas visa itu yakni memiliki paspor dengan masa berlaku paling singkat enam bulan,
memiliki tiket kembali atau tiket untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain, tidak dapat diperpanjang atau dialihstatuskan menjadi izin tinggal lainnya, dan melakukan kegiatan kunjungan seperti wisata, kunjungan keluarga, sosial dan seni budaya, tugas pemerintahan, dan keperluan bisnis lainnya.

Namun kebijakan tersebut tidak dapat dilaksanakan saat pandemi untuk mencegah penularan COVID-19.

Menurut gubernur, kondisi Kepri sejak tahun 2022 terkait penularan COVID-19, dapat dikendalikan. Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat bersinergi, dan berhasil mengendalikan COVID-19 sehingga saatnya pemerintah mengembalikan kebijakan bebas visa untuk negara-negara yang potensial mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata di Indonesia, khususnya Kepri.

Baca Juga:Kepri Makin Kuat Sinyal, 77 Base Transceiver Station Akan Dibangun hingga ke Pelosok

"Sejak 15 September 2022, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk warga negara yang bebas visa berkunjung ke Indonesia yakni Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Kami menginginkan warga negara lainnya juga mendapatkan fasilitas yang sama sehingga tertarik berkunjung ke Kepri," tuturnya.

News

Terkini

Film Justice League dirilis pada November 2017 lalu, dan berikut beberapa fakta-fakta tentang film yang tak kalah menarik dari Avengers:

News | 11:00 WIB

Yeni selaku Ketua RT di lingkungan tinggal Rizky Billar dan Lesti Kejora juga menyebutkan bahwa mereka masih mengontrak rumah.

News | 10:35 WIB

Setelah kematian tragis bintang film Chadwick Boseman, ada banyak rumor tentang siapa yang akan meneruskan superhero Black Panther.

News | 10:30 WIB

Sementara, Scorpio akan mengungkapkan perasaan cinta yang tulus kepada pasangan hari ini.

News | 10:30 WIB

Menurutnya berita yang disebar ke grup WhatsApp tersebut adalah pesan berantai yang diperoleh dari grup lain.

News | 10:15 WIB

Angka tersebut disampaikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)

News | 09:00 WIB

Sebenarnya penting mengetahui sifat pasangan terlebih dulu sebelum memutuskan menikah karena ada beberapa zodiak yang tak cocok bila hidup bersama.

News | 09:00 WIB

Acara FKUB ini akan berlangsung pada tanggal 5-6 Oktober 2022.

News | 07:00 WIB

Mereka juga disebut gampang sukses dan bisa hidup dengan mulus.

News | 06:00 WIB

Di rumah tersebut dihadiri oleh Yenni, Ketua RT tempat Lesti Kejora dan Rizky Billar tinggal, ia menjelaskan proses olah TKP tersebut.

News | 20:00 WIB

Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan pemantauan di 90 kota di Indonesia yang menunjukkan terdapat 88 kota mengalami inflasi dan dua kota mengalami deflasi.

News | 19:00 WIB

Polri juga tengah mendalami keterangan manajer pengamanan dari pangkat perwira hingga perwira menengah.

News | 18:00 WIB

PSSI memastikan pertandingan itu digelar tanpa penonton di stadion.

News | 17:00 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memutuskan jabatan itu dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero).

News | 16:00 WIB

Terbaru, jumlah korban yang tewas dalam peristiwa itu dikabarkan mencapai 174 orang tewas.

News | 15:30 WIB
Tampilkan lebih banyak