Kepri Makin Kuat Sinyal, 77 Base Transceiver Station Akan Dibangun hingga ke Pelosok

Disebutkan, BTS adalah suatu bentuk infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Eliza Gusmeri
Kamis, 22 September 2022 | 13:00 WIB
Kepri Makin Kuat Sinyal, 77 Base Transceiver Station Akan Dibangun hingga ke Pelosok
Pembangunan 77 BTS di Kepri [antara]

SuaraBatam.id - Sebanyak 77 Base Transceiver Station (BTS) akan diangun di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) untuk menghapus blankspot atau nirsinyal (area yang tidak tersentuh sinyal jaringan komunikasi seluler). BTS ini akan dibangun diberbagai daerah hingga ke daerah terpencil.

"Diskominfo Kepri memiliki peran yang sangat vital di era digital ini, karena bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur jaringan seperti BTS hingga ke pelosok," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau (Diskominfo Kepri) Hasan di Tanjungpinang, Kepri, Rabu, melansir Antara.

Disebutkan, BTS adalah suatu bentuk infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Ia menyebut upaya pembangunan sebanyak 77 BTS tersebut dilakukan untuk mempersiapkan masyarakat Kepri lebih melek teknologi di masa transisi dari era analog menuju era digital, sehingga pelayanan informasi terhadap masyarakat jadi makin mudah, cepat, singkat, terkini, terukur dan terstruktur.

Baca Juga:Fotonya Terus Bocor, Jennie BLACKPINK Blokir Semua Orang di Akun Instagram Rahasianya

"Jika jaringan internet mudah dijangkau dan bebas dari blankspot area, maka muara akhirnya adalah kecerdasan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Kepri," ujarnya.

Hasan menjelaskan di era kepemimpinan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, pihaknya mengajukan pembangunan 111 BTS ke pemerintah pusat, namun yang disetujui hanya 77 BTS untuk dibangun di seluruh wilayah Kepri.

"Harapannya hingga akhir tahun ini, masyarakat Kepri bisa lebih mudah dalam mengakses jaringan internet," ucap Hasan.

Hasan menjelaskan Pemprov Kepri bekerja sama dengan pemerintah pusat dan pihak swasta dalam mengejar target membangun jaringan telekomunikasi berbasis layanan broadband 4G tahun 2021-2022 di beberapa titik blankspot yang masih ada di daerahnya.

Dari 77 titik BTS yang akan dibangun tersebut, masing-masing terdiri dari 35 BTS jaringan 4G dengan transmitter VSAT yang akan dibangun oleh pihak BAKTI Kementerian Kominfo di Kepri. Ini difokuskan untuk daerah-daerah terpencil seperti 17 titik di Natuna, 5 titik di Bintan, 1 titik di Karimun dan 12 titik di Kepulauan Anambas.

Baca Juga:Gemas Banget! Ibunya Ngidam Photocard BTS, Bayi Ini Dibilang Mirip Ketujuh Member

Sedangkan sebanyak 42 titik BTS lainnya jaringan 4G dengan metode terrestrial yang akan dibangun oleh pihak operator swasta berupa tower terrestrial atau jalur komunikasi darat dengan pembangunan tower setinggi sekitar 72 meter. 42 titik ini akan disebar masing-masing 1 titik di Karimun, 1 titik di Batam, 28 titik di Lingga, 1 titik di Bintan dan 11 titik di Natuna.

News

Terkini

Salah satu fandom idol Kpop terbesar di Indonesia yaitu BTS ARMY PROJECT membuka donasi untuk para korban Kanjuruhan.

News | 19:54 WIB

Bahkan hal ini juga menjadi sorotan Direktur Eksekutif Amnesty Indonesia yakni Usmad Hamid yang mengatakan jika penggunaan gas air mata dilarang.

News | 17:47 WIB

Setelah mendapat begitu kecaman dari berbagai pihak, Baim Wong mengaku jika hal itu dijadikannya sebagai bahan intropeksi.

News | 17:09 WIB

Seseorang bisa saja posesif terhadap pasangannya sehingga tak bisa jauh. Posesif sendiri muncul dari rasa takut, gak aman, dan rendahnya kepercayaan diri seseorang.

News | 17:03 WIB

Permintaan maaf tersebut, jelas Sarafudin merupakan bahwa dirinya telah membagikan (Share) atas penerusan pesan (forward message) yang telah menyinggung marwah partai tersebut

News | 16:49 WIB

Pada peningkatan inflasi di bulan September ini, BPS mencatat Kota Batam, dan Tanjungpinang menjadi penyumbang tertinggi perihal kenaikan harga ini.

News | 15:56 WIB

Gedung itu baru saja diresmikan oleh Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun meresmikan bangunan yang diberi nama Balai Perdamaian Adhyaksa Baharudin Lopa, Selasa (4/10/2022).

News | 15:23 WIB

Terbaru, kabar soal kerongkongan Lesti Kejora bergeser setelah dicekik oleh suaminya, Rizky Billar beredar di jagat maya.

News | 13:24 WIB

Hal ini dibenarkan Sekretaris DPD PDIP Kepri, Lis Darmansyah yang menyebutkan bahwa kedatangan Hasto akan membuka kegiatanRapat Kerja Daerah (Rakerda).

News | 11:53 WIB

Cawabup yang diusulkan Partai Demokrat adalah Ahdi Muqsith atau sering disapa Osit.

News | 11:44 WIB

Menurut dokter yang menanganinya, dr. Puspa H Widyowati mengungkapkan ada cedera di bagian kepala Lesti Kejora.

News | 11:30 WIB

Film Justice League dirilis pada November 2017 lalu, dan berikut beberapa fakta-fakta tentang film yang tak kalah menarik dari Avengers:

News | 11:00 WIB

Yeni selaku Ketua RT di lingkungan tinggal Rizky Billar dan Lesti Kejora juga menyebutkan bahwa mereka masih mengontrak rumah.

News | 10:35 WIB

Setelah kematian tragis bintang film Chadwick Boseman, ada banyak rumor tentang siapa yang akan meneruskan superhero Black Panther.

News | 10:30 WIB
Tampilkan lebih banyak