facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masyarakat di Bintan Mulai Jarang Pakai Masker, Kadinkes Risau: Tetap Pakai Meski Tak Ramai

Eliza Gusmeri Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB

Masyarakat di Bintan Mulai Jarang Pakai Masker, Kadinkes Risau: Tetap Pakai Meski Tak Ramai
ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)

Hal itu diungkapkanya karena merasa risau banyak peserta dalam berbagai kegiatan masyarakat maupun pemerintahan yang tidak menggunakan masker.

SuaraBatam.id - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Gama AF Isnaeni, mengingatkan bahwa masker tetap wajib digunakan dalam berbagai acara.

Hal itu diungkapkanya karena merasa risau banyak peserta dalam berbagai kegiatan masyarakat maupun pemerintahan yang tidak menggunakan masker.

"Saya ingatkan agar menggunakan masker, meskipun dalam kegiatan itu tidak ramai. Memakai masker jadikan tradisi saat berinteraksi," kata Gama di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa.

Menurut dia, penurunan kasus COVID-19 merupakan anugerah dari Allah, yang diberikan setelah masyarakat, petugas kesehatan dan pemerintah bersama-sama berupaya memutus rantai penularannya. Hasil yang diperoleh memuaskan setelah kekebalan tubuh masyarakat terbentuk secara alami maupun melalui vaksinasi.

Baca Juga: Masih Khawatir dengan Penularan COVID-19, Psikolog Sarankan Masyarakat Tetap Gunakan Masker

Kasus aktif baru COVID-19 di Bintan sudah jarang terjadi. Angka kematian akibat COVID-19 juga tidak bertambah.

"Jumlah kasus aktif COVID-19 di Bintan tinggal satu orang," ujarnya.

Meski kasus COVID-19 di Bintan terkendali, ia mengimbau warga untuk tetap waspada agar tidak tertular COVID-19 dan virus lainnya.

"Satu kasus aktif itu bisa menyebar menjadi dua, tiga, empat kasus dan seterusnya jika kita tidak memagari mulut dan hidung kita dengan masker," ucapnya.

Keberhasilan dalam menangani COVID-19 tersebut seharusnya tetap dipertahankan dengan tetap menggunakan masker saat berinteraksi dan berada di ruang publik. Warga yang mengendarai sepeda motor juga sebaiknya menggunakan masker untuk mencegah virus, bakteri, kuman dan partikel yang merugikan tubuh.

Baca Juga: Diduga Api Bersumber dari Obat Nyamuk, Dua Rumah di Bintan Ludes Kebakaran

"Kami lihat semakin hari, semakin banyak yang lalai menggunakan masker. Padahal Presiden RI menyampaikan tetap menggunakan masker di ruang publik yang tertutup, dan terbuka tetapi ramai," ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait