facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perayaan Waisak di Batam, Vihara Budhi Bhakti Lakukan Pemandian Buddha Rupang

Eliza Gusmeri Senin, 16 Mei 2022 | 18:00 WIB

Perayaan Waisak di Batam, Vihara Budhi Bhakti Lakukan Pemandian Buddha Rupang
Pemandian Buddha Rupang pada perawayaan Waisak di Batam [Antara]

Dalam perayaan Waisak 2022, Vihara Budhi Bhakti di Kota Batam Kepulauan Riau menggelar kebaktian pemandian Buddha Rupang, penyerahan pelita, dan Dhammatalk.

SuaraBatam.id - Dalam perayaan Waisak 2022, Vihara Budhi Bhakti di Kota Batam Kepulauan Riau menggelar kebaktian pemandian Buddha Rupang, penyerahan pelita, dan Dhammatalk.

Ketua Muda Mudi Vihara Budhi Bakti Andy Satia, Senin, menyatakan pemandian Buddha Rupang dan penyerahan pelita sudah mulai dibuka pada Sabtu (14/5) dan tutup pada hari ini pukul 21.00 WIB.

"Kemarin di hari Sabtu kami juga membuka pemandian Buddha Rupang yang di bawah, juga penyerahan pelita dari Sabtu sampai hari ini, tutupnya nanti jam 9 malam," kata dia.

Pemandian Buddha Rupang dilakukan dengan memandikan patung kecil, sebagai lambang penyucian diri lahir dan batin baik ucapan dan perbuatan.

Baca Juga: Tidak Memiliki Izin Melintas, Pesawat Asing Dipaksa Mendarat di Batam

Selain itu, Vihara Budhi Bhakti juga melaksanakan ritual Pradaksina yang merupakan prosesi mengelilingi candi atau vihara sebanyak tiga kali searah jarum jam.

"Untuk kebaktian nanti ada satu ritual yang namanya Pradaksina di mana itu kita memutari vihara ini sebanyak satu sampai tiga kali searah jarum jam," ujarnya.

Ia mengatakan pada Hari Raya Waisak tahun ini pihaknya tidak melakukan perayaan yang meriah seperti tahun sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Meski kasus aktif di Kota Batam semakin menurun, namun Vihara Budha Bhakti belum mengadakan festival hari raya Waisak karena dapat mengundang keramaian.

"Karena festival pasti mengundang keramaian takutnya meledak lagi kasus di Batam, jadi sekarang adakan kebaktian saja," kata Andy.

Baca Juga: Warga Mengeluh, Harga Tiket Batam-Singapura Kini Rp800 Ribu PP, Kadispar Kepri Anggap Wajar: untuk Operasional

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait