facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Omicron Serang Warga Natuna, Kasus Terbanyak Capai 15 Pasien

Eliza Gusmeri Senin, 21 Februari 2022 | 19:53 WIB

Omicron Serang Warga Natuna, Kasus Terbanyak Capai 15 Pasien
Ilustrasi omicron, gejala awal kena omicron (Freepik)

Hasil pemeriksaan 15 sampel itu sebelumnya dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan, dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam.

SuaraBatam.id - Kasus Covid-19 varian Omicron saat ini sedang menjangkit di Natuna, Kepulauan Riau. Dinas Kesehatan setempat kasus probable Omicron terbanyak mencapai 15 pasien.

Hasil pemeriksaan 15 sampel itu sebelumnya dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan, dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam.

Plt Kadinkes Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan 15 orang probable omicron itu saat ini dikarantina di Asrama Haji Natuna.

“Ya kemarin tanggal 12 Februari 2022, kita kirim 15 sample ke Batam dan pada tanggal 17 kemarin kita terima hasilnya. Semuanya probable Omicron,” kata Hikmat di ruang kerjanya, melansir Batamnews Senin (21/2/2022).

Adapun ciri dan gejala orang yang terkena virus Omicron, kata Hikmat pada umumnya sama dengan varian Delta, hanya saja orang yang terinfeksi Omicron cenderung merasa lelah.

Baca Juga: Dokter Reisa Bersyukur Covid-19 yang Mendominasi Saat Ini Adalah Varian Omicron

“Penanganannya sama dengan varian delta, karena itu sama-sama virus corona cuma jenisnya saja yang beda,” terangnya.

Hikmat mengakui, Natuna belum mampu melakukan pemeriksaan sendiri terhadap varian Omicron. Sehingga pihaknya perlu dukungan dari laboratorium di Batam.

“Kita belum ada alatnya maka kita kirim ke Batam,” ujar Hikmat.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dengan protokol kesehatan dengan patuh memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

“Sekarang kita balik lagi ke zona kuning. Jadi kita harus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin,” imbaunya.

Baca Juga: Penerima Vaksin COVID-19 Bertambah 119.000 Orang

Tercatat 46 orang saat ini menjalani isolasi Covid-19 di Natuna.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait