facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Cara Mengatasi Kesemutan, Salah Satunya dengan Yoga

Eliza Gusmeri Selasa, 25 Januari 2022 | 11:08 WIB

7 Cara Mengatasi Kesemutan, Salah Satunya dengan Yoga
Ilustrasi gambar (freepik)

Kesemutan dapat muncul karena kadar asam urat tinggi, kurang kalsium, peredaran darah kurang lancar hingga gejala kolesterol.

SuaraBatam.id - Kesemutan jangan dianggap sepele. Jika terjadi keseringan, mungkin menjadi pertanda penyakit tertentu.

Kesemutan dapat muncul karena kadar asam urat tinggi, kurang kalsium, peredaran darah kurang lancar hingga gejala kolesterol.

Jika merasakan kesemutan, seseorang bisa mengatasinya dengan menggerakan otot secara perlahan atau melakukan peregangan.

Berikut upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesemutan

Baca Juga: Seorang Remaja 15 Tahun Jadi Pelaku Curanmor di Batam

1. Kesemutan pada bagian kaki
Kesemutan pada kaki juga diakibatkan oleh aliran darah ke syaraf yang terhambat. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu duduk bersila terlalu lama atau kakimu tertindih dalam waktu yang cukup lama. Nah untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan cara berikut.

Ganti posisi kaki kamu saat duduk bersila atau lesehan. Kamu bisa sedikit memijat pada bagian kaki yang kesemutan. Namun jangan pijat terlalu kuat - cukup untuk membuat otot rileks dan aliran darah menjadi lancar.

Seperti kesemutan pada tangan, kamu juga bisa menjentikkan jempol tangan kamu ke bagian kaki yang kesemutan.

Dengan cara tersebut, biasanya kesemutan akan mulai hilang. Kemudian kamu bisa mulai meregangkan kaki atau luruskan secara perlahan agar otot kaki menjadi lebih rileks.

2. Latihan yoga
Bagi kamu yang gemar yoga, ternyata olahraga ini bisa membantu kamu menghindari kesemutan, lho. Sebab, yoga sangat baik untuk membuat aliran darah menjadi lancar, otot yang kaku juga menjadi lebih rileks karena tubuh bisa lebih fleksibel.

Baca Juga: Boleh Nyebrang Singapura-RI Via Batam, Syaratnya Prokes dan Punya Tabungan Rp 318 Juta

Namun bagi pemula, untuk melakukan ini butuh mentor ya. Karena gerakan-gerakan yoga bisa membuat kamu cedera kalau nekat melakukannya sendiri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait