facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kopi Kenangan Berhasil Jadi Unicorn, Valuasi Rp14, 2 Triliunan

Eliza Gusmeri Senin, 27 Desember 2021 | 21:00 WIB

Kopi Kenangan Berhasil Jadi Unicorn, Valuasi Rp14, 2 Triliunan
Ilustrasi produk Kopi Kenangan. [Akun IG @kopikenangan.id]

Terbaru, pihak perusahaan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai USD96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

SuaraBatam.id - Kopi Kenangan, jaringan makanan dan minuman dengan konsep New Retail yang dikenal kalangan anak muda secara mengejutkan meraih gelar Unicorn untuk bisnisnya.

Terbaru, pihak perushaan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai USD96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. Valuasi perusahaan kini menembus USD1 miliar (Rp14,2 triliun).

Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. Dikutip dari Wartaekonomi, Pendanaan Seri C tersebut dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi serta beragam inovasi yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk hingga Mengusir Hama

Sebut aja beberapa portfolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Tak hanya itu, Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pencapaian ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat.

Terlebih, selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

Pendanaan baru ini akan digunakan Kopi Kenangan untuk ekspansi Cerita Roti, Chigo serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Kopi Kenangan juga akan terus memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.

Baca Juga: PPI Ekspor 600 Ton Kopi ke Mesir Senilai 1,2 Juta Dolar AS

"Dukungan dari para investor kami, baik mereka yang telah mendukung kami sejak awal maupun para investor baru, merupakan bukti sekaligus memotivasi kami untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan," ujar CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait