alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Lengkap Universitas Batam Perguruan Terbesar di Kota Batam

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 22 Oktober 2021 | 07:05 WIB

Profil Lengkap Universitas Batam Perguruan Terbesar di Kota Batam
Universitas Batam (dok Uniba)

Batam mempunyai Universitas Batam, yang menjadi universitas terbesar di Batam.

SuaraBatam.id - Kota Batam merupakan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Memiliki letak yang strategis karena berada di jalur pelayaran Internasional dan berbatasan langsung dengan Singapura di sebelah Utara. Batam mempunyai Universitas Batam, yang menjadi universitas terbesar di Batam.

Dalam system perkotaan Nasional, Kota Batam ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional dan PKSN. Termasuk dalam kawasan strategis Nasional Kawasan Batam, Bintan, dan Karimun yang berfungsi sebagai kawasan pelabuhan bebas dan perdagangan bebas, maka tak ayal jika Kota Batam membutuhkan generasi muda dan penerus yang mumpuni, berdedikasi dan berkualitas serta mampu bersaing secara nasional maupun internasional.

Universitas Batam adalah salah satu perguruan tinggi terbesar di Kota Batam yang beralamat di Jalan Uniba No 5 Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Didirikan oleh Yayasan Griya Husada, Universitas ini dulunya bernama Universitas Abulyatama di mana peletakkan batu pertamanya dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2000 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Dr. Satryo Soemantri Brojonegoro dengan didampingi Dr. H. Rusli Bintang selaku Ketua Yayasan Griya Husada, dan Prof.Dr.H. M Nasir sebagai Rektor Universitas Abulyatama diresmikan pada tanggal 26 Januari 2001.

Baca Juga: Penumpang Meningkat, Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam

Kemudian berdasarkan Surat Keputusan ( SK ) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nasional Republik Indonesia Nomor 242/D/O/200 Tanggal 16 November 2001 Universitas Abulyatama berubah nama menjadi Universitas Batam setelah mendapat surat rekomendasi persetujuan dari koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah X untuk Wilayah Sumatera Barat, Riau dan Jambi.

Universitas Batam memiliki visi dan misi sebagai berikut :

Visi

Menjadi Universitas berstandar Internasional dalam system, program, kegiatan, sumber daya, dan lulusannya yang mampu mengikuti perkembangan IPTEKS, serta dapat bersaing dalam memenuhi sumber daya manusia bermutu diberbagai bidang pada tahun 2030”.

Misi

Baca Juga: Polisi Bubarkan Demo Pencari Suaka Asal Afganistan di DPRD Batam, Dianggap Tak Berizin

Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi : Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait