facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ada Tren Penurunan Kasus Covid-19, Kota Batam Segera Ubah Status PPKM?

M Nurhadi Senin, 09 Agustus 2021 | 15:21 WIB

Ada Tren Penurunan Kasus Covid-19, Kota Batam Segera Ubah Status PPKM?
Wali Kota Batam, Mugammad Rudi Memantau Pelaksanaan Vaksinasi Masal di UIB Batam, Selasa (22/6/2021) (ist)

Wali Kota Batam masih menunggu keputusan Mendagri RI, terkait keputusan perpanjangan dan level PPKM di Batam kedepannya.

SuaraBatam.id - Angka pertumbuhan Covid-19 di Batam, Kepulauan Riau mengalami penurunan signifikan, setelah empat kali menjalankan fase Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Juni 2021 lalu.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyebut, berdasarkan data pada, Minggu (8/8/2021) kemarin tingkat kesembuhan telah mencapai angka 89,09 persen, dengan rincian 1.906 pasien sedang dirawat, 21.837 pasien dinyatakan sembuh, 682 pasein dinyatakan meninggal, dari total keseluruhan berjumlah 24.425 pasien.

"Tingkat kesembuhan ini sedikit melegakan bagi Batam, walau saat pemberlakuan PPKM Darurat pertama kali di Batam, memang ada penambahan sebanyak 3.000 an pasien positif," jelas Rudi di sela-sela menyambut kedatangan Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono  di Batam, Senin (9/8/2021).

Saat ini pihaknya juga mengaku tengah menunggu keputusan Mendagri RI, terkait keputusan perpanjangan dan level PPKM di Batam kedepannya.

Baca Juga: Tidak Vaksin dan Komorbid Jadi Penyebab Utama Kematian Pasien Covid-19 di Karimun

Dalam kunjungannya ke Batam, Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono, juga turut memberi sinyal penurunan level PPKM bagi Batam.

Namun mengingat status PPKM Batam saat ini, Gatot juga menekankan pemerintah daerah untuk mengawasi mobilitas masyarakatnya.

"Saya sudah sampaikan kepada Gubernur Kepri (Ansar Ahmad), Kapolda Kepri, dan Danrem, bahwa pasien-pasien yang isolasi mandiri itu dibawa ke tempat karantina terpusat, supaya bisa terkontrol," ujar Komjen Gatot di Batam, Senin (9/8/2021).

Sehingga, saat ini pemerintah harus dapat menekan angka pasien yang menjalani perawatan secara isolasi mandiri. Pemda diharapkan dapat menyiapkan lokasi-lokasi karantina terpusat seperti hotel, atau rusun, dan lain sebagainya.

"Tadi sudah disampaikan, kebijakan provinsi, vaksin akan langsung didistribusikan. Setelah sampai dari pusat, vaksin langsung dibagi ke masyarakat," tambah Komjen Gatot.

Baca Juga: TOK! Tak Ada Perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan di Bogor, Ini Kata Bima Arya

Sebelumnya, sinyal kemungkinan level PPKM di Batam mengalami penurunan ditandai usai adanya kunjungan Kepala BNPB RI, Letjen Ganip Warsito, Sabtu (7/8/2021) lalu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait