alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peneliti China: Vaksin Sinovac Melemah Dalam 6 Bulan, Perlu Injeksi Vaksin Ketiga

M Nurhadi Selasa, 27 Juli 2021 | 10:53 WIB

Peneliti China: Vaksin Sinovac Melemah Dalam 6 Bulan, Perlu Injeksi Vaksin Ketiga
Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Turki. (Anadolu Agency/Aytug Can Sencar)

"Untuk peserta yang sudah menerima dua dosis, dengan rentang dua sampai empat minggu, hanya 16,9% dan 35,2% yang memiliki tingkat antibodi di atas ambang batas enam bulan."

SuaraBatam.id - Sebuah penelitian yang dilakukan di China menunjukkan adanya penurunan antibodi yang dipicu vaksin Covid-19 Sinovac hingga dibawah ambang batas dan memudar dalam waktu enam bulan.

Hasil penelitian ini disampaikan dalam sebuah makalah yang diterbitkan Minggu (25/7/2021). Dengan adanya temuan ini, sejumlah ahli menyarankan agar adanya tambahan dosis ketiga atau booster untuk meningkatkan antibodi.

"Untuk peserta yang sudah menerima dua dosis, dengan rentang dua sampai empat minggu, hanya 16,9% dan 35,2% yang memiliki tingkat antibodi di atas ambang batas enam bulan setelah dosis kedua," tulis makalah itu dikutip Reuters Selasa (27/7/2021).

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel darah orang dewasa berusia 18 hingga 59 tahun. Data penurunan ini merujuk pada dua kelompok yang terlibat penelitian, masing-masing terdiri dari 50 peserta.

Baca Juga: 6 Genre Drama China Favorit, Mana yang Paling Seru?

Selanjutnya, tim peneliti juga memberi dosis ketiga Sinovac pada 540 peserta. Usai diberi vaksin kedua, sekitar enam bulan dari suntikan kedua, tingkat antibodi meningkat sekitar tiga hingga lima kali lipat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait