alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Alasan Kentang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan, Salah Satunya Bebas Gluten

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah Sabtu, 29 Mei 2021 | 08:35 WIB

4 Alasan Kentang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan, Salah Satunya Bebas Gluten
Olahan kentang. (Shutterstock)

Jika diolah dengan baik, makanan berbahan kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

SuaraBatam.id - Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik. Kentang juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin hingga kalium.

Hanya saja, beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak produk kentang berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Namun, biasanya cara pengolahannya yang memicu efek negatif, misalnya menggoreng.

Pada dasarnya, kentang mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dilansir dari Science Alert, berikut beberapa alasan mengapa mengonsumsi kentang sangat baik.

Bebas gluten

Baca Juga: Cocok Jadi Camilan Kekinian, Simak Resep Kentang Geprek Renyah

Kentang secara alami bebas gluten sehingga merupakan pilihan yang baik untuk penderita penyakit celiac atau mereka yang perlu menghindari gluten.

Ilustrasi olahan makanan berbahan kentang. (Shutterstock)

Kaya vitamin C

Orang biasanya ingat vitamin C saat melihat buah jeruk. Namun, sumber penting vitamin C jika berdasarkan pola makan orang Inggris selama abad ke-20 sebenarnya malah berasal dari kentang.

Vitamin C penting karena tak cuma mendukung fungsi kekebalan dan mengandung antioksidan. Kandungan vitamin ini juga memainkan peran penting dalam membentuk jaringan ikat yang membantu kinerja persendian dan menguatkan gigi.

Tinggi vitamin B6

Baca Juga: Sekali Makan Habis 10 Burger, Aksi Wanita Langsing Ini Bikin Kaget

Kentang juga mengandung vitamin B6 yang merupakan faktor pendamping penting (molekul kecil) di dalam tubuh. Ini membantu lebih dari 100 enzim dalam tubuh berfungsi dengan baik serta memungkinkannya memecah protein.

Kalium

Kadar kalium pada kentang panggang dan goreng dikatakan lebih tinggi daripada kentang rebus atau kentang tumbuk. Olahan makanan tersebut mengandung kira-kira sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan.

Punya potasium atau kalium dalam sel penting untuk mengatur sinyal listrik di otot dan saraf. Kalau kadar kalium di dalam tubuh terlalu tinggi atau terlalu rendah, kondisi itu bisa menghentikan kerja jantungnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait