alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemudik Balik ke Babel Wajib Tes Swab Antigen

Pebriansyah Ariefana Senin, 17 Mei 2021 | 14:48 WIB

Pemudik Balik ke Babel Wajib Tes Swab Antigen
Gubernur Babel Erzaldi Rosman. (Suara.com/Wahyu Kurniawan)

Pemprov Babel mengeluarkan kebijakan tersebut tak lain untuk menekan kasus penyebaran virus Corona di negeri berjuluk Serumpun Sebalai yang mengalami peningkatan.

SuaraBatam.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengeluarkan kebijakan setiap orang masuk Babel diwajibkan untuk menjalani tes swab antigen ulang secara gratis. Kebijakan tersebut disampaikan Gubernur Babel Erzaldi Rosman, saat mengelar apel bersama petugas Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Senin (17/5/2021).

Pemprov Babel mengeluarkan kebijakan tersebut tak lain untuk menekan kasus penyebaran virus Corona di negeri berjuluk Serumpun Sebalai yang mengalami peningkatan.

"Hari ini kami membuat suatu kebijakan dalam menanggapi dan mengantisipasi arus masyarakat pasca mudik. Setiap masyarakat yang mengunakan fasilitas bandara maupun pelabuhan di Bangka Belitung harus melalui proses swab antigen kembali. Sekalipun mereka sudah swab ataupun surat perjalanan sehat swab antigen," tegas Gubernur Erzaldi.

"Jadi kami mengambil kebijakan ini semata - mata kita ingin menakan terus agar paparan COVID-19 ini dapat tertanggulangi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan sebaik - baiknya. Dan masyarakat kita terus menjalankan aktivitas ekonomi dengan baik dan tertib. Dan ini kita lakukan tanpa dipungut bayaran," kata dia lagi.

Baca Juga: Satgas: Kasus Covid-19 Meningkat di Sumatera, Hampir Semua Zona Merah

"Jadi masyarakat yang datang baik ke Bangka maupun ke Belitung itu akan kita lakukan proses swab antigen kembali. Untuk tes swab langsung di Bandara dan Pelabuhan," jelasnya.

Pemerintah Daerah telah menyiapkan sekitar 10 ribu alat tes swab antigen gratis di Bandara maupun di Pelabuhan untuk menopang kebijakan yang telah dikeluarkan.

"Sementara ini kami siapkan sekitar 10 ribu dan itu akan kita tambah lagi. Hari ini juga sudah kita sebarkan ke Pelabuhan, ke Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung, Pelabuhan di Manggar, Tanjungpandan dan Muntok, Pangkalbalam sama Belinyu," terang mantan Bupati Bangka Tengah dua periode ini.

Gubernur juga menjelaskan bila dalam proses tes swab antigen penumpang yang tiba di Babel positif COVID -19 maka akan langsung diisolasi di wisma Karantina Provinsi dan RSUP Sokarno Babel.

"Begitu ad yang reaktif atau positif langsung kita bawa ke Wisma Karantina untuk di isolasikan. Kebijakan ini belum bisa kita tentukan sampai kapan yang pasti Bangka Belitung ini kasusnya agak naik, maka kami mengambil kebijakan ini. Jadi nanti akan kita evaluasi setelah waktu berjalan," terangnya.

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona dari India Berhasil Bikin Inggris Cemas

"Sebagaimana kita ketahui Sumatera Selatanpun masih merah sekarang, dan aktivitas pelabuhan Tanjungkalian, Muntok dan Tanjung Api - Api (Sumsel) itu sangat sibuk pada saat ini, arus penumpang dari kapal," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait