alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menapaki Sejarah Kejayaan Kerajaan Melayu di Situs Istana Damnah Lingga

M Nurhadi Jum'at, 23 April 2021 | 15:44 WIB

Menapaki Sejarah Kejayaan Kerajaan Melayu di Situs Istana Damnah Lingga
Situs Istana Damnah (Kemdikbud)

Istana Damnah pernah menjadi saksi kejayaan Kerajaan Melayu di Lingga sebelum kerajaan Inggris dan Belanda datang menjajah.

SuaraBatam.id - Berjarak sekitar sekitar 2,5 km di sebelah barat Masjid Sultan Lingga, sebuah istana megah khas Melyau berdiri. Istana tersebut adalah Situs Bekas Istana Damnah.

Bangunan itu didirikan oleh Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah III (1857–1883) saat Kerajaan Melayu Riau–Lingga mengalami masa kejayaannya meski kini tinggal puing saja.

Di sekitar situs bekas istana Damnah kini berupa tanah perladangan dan hutan sekunder. Meski sisa-sisa bekas Istana Damnah masih dapat digambarkan bahwa kompleks Istana Damnah, kini hanya sedikit yang tersisa.

Di sebelah timur bekas bangunan istana terletak bangunan balairung. yang tertinggal berupa bagian tangga pintu, fondasi tiang, tungku dapur, dan pemandian.

Baca Juga: Sowan ke PBNU, Menteri Nadiem Minta Maaf dan Janji Revisi Kamus Sejarah

Tangga pintu di bagian muka  sebanyak  dua  buah  di  sisi  utara dan selatan berbentuk sama. Jarak antara kedua tangga pintu adalah 21,50 meter.

Sementara, tangga pintu pada bagian teratas memiliki   ketinggian 1,60 meter dan lebar pintu 2,50 meter . Pada bagian bawah terdiri dari 5 trap tangga, sedangkan pada bagian  atas  terdiri dari 3 trap  tangga, antara  trap bagian bawah dan bagian atas terdapat bagian yang datar.

Tidak main-main, lantai pada anak tangga terbuat dari tegel bata (terakota) yang berukuran 35 x 35 cm. Fondasi tiang yang masih tersisa sebanyak 29 buah, yang terbuat dari susunan bata berlepa.

Meski nampak megah, bangunan balirung yang tertinggal sekarang  hanya  bagian fondasi berukuran 23, 80 x 20 meter. Lantai pada anak tangga bagian tengah sudah tertutup oleh tanah, sehingga tidak diketahui dengan pasti bahan yang dipakai untuk lantai. 

Kesultanan Lingga merupakan Kerajaan Melayu yang pernah berdiri di Lingga, Kepulauan Riau.  Lingga pada awalnya merupakan bagian dari Kesultanan Malaka, sebelum berpindah ke Kesultanan Johor.

Baca Juga: Profil Hilmar Farid yang Jadi Perbincangan Soal Kamus Sejarah Indonesia

Berdasarkan Tuhfat al-Nafis, Sultan Lingga merupakan pewaris dari Sultan Johor, dengan wilayah mencakup Kepulauan Riau dan Johor. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait