alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Masjid Peninggalan Ulama Terdahulu di Batam, Cocok Untuk Wisata Ramadhan

M Nurhadi Selasa, 20 April 2021 | 12:25 WIB

4 Masjid Peninggalan Ulama Terdahulu di Batam, Cocok Untuk Wisata Ramadhan
Masjid Baitul Makmur Batam (Ist)

Salah satunya masjid yang disebut tertua di Kota Batam.

SuaraBatam.id - Kota Batam tidak hanya menawarkan pariwisata dan investasi yang luar biasa. Di balik gemerlap potensi ekonomi tak terhingga, Batam juga memiliki wisata religi yang tak kalah ciamik.

Terlebih, saat ramadhan, wisata religi dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah umat Islam menjadi salah satu pilihan menarik untuk dilakukan.

Ada sejumlah masjid tertua di Batam yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa diantaranya, menurut Batamnews (jaringan Suara.com):

1. Masjid Jami' Nurul Iman

Baca Juga: Harga Tiket Terbaru Kapal Roro Dari Batam ke Bintan

Masjid yang sudah berusia ratusan tahun ini masih misterius siapa orang dibalik pembangunannya. Namun, sejumlah warga sekitar meyakini, masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1872.

Masjid yang berada di Pulau Buluh ini masih terlihat kokoh dan belum menujukkan tanda-tanda melapuk sama sekali.

Ada keunikan pada dua kubah yang ada di masjid ini. Satu kubah merupakan bangunan baru sementara satunya lagi mempertahankan bentuk aslinya yang sepintas mirip dengan Mesjid Sultan Riau Pulau Penyengat (1832 M).

Pada kubah yang lama, perubahan mencoloknya hanyalah pada atapnya, yang berganti menjadi seng. Sementara bentuk dan konstruksinya tetap seperti sedia kala.

2. Masjid Al Mardhotillah

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Waktu Salat Kota Batam Terkini, Selasa 13 April 2021

Masjid Al Mardhotillah terletak di jalan Duyung, Bukit Abdullah Jodoh, Kecamatan Batu Ampar. Rumah ibadah ini berdiri di sekitar lokasi sembilan makam tua bersejarah.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait