alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Distraksi Layar Ponsel dan Dashboard, Voice Command Pilihan Jitu

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Selasa, 22 Desember 2020 | 16:01 WIB

Cegah Distraksi Layar Ponsel dan Dashboard, Voice Command Pilihan Jitu
DFSK Glory i-Auto dengan fitur andalan voice command dan i-Talk [DFSK].

Saat mengemudi kerap terdistraksi menyimak layar ponsel atau monitor yang ada di dashboard? DFSK Glory i-Auto sudah pakai voice command.

SuaraBatam.id - Teknologi pada mobil-mobil modern semakin berkembang seiring perkembangan zaman. Salah satunya adalah fitur perintah suara atau voice command. Pentingnya fitur ini bisa disimak dari penurutan Malin Ekholm, ahli penelitian keselamatan dan ilmu perilaku dari perusahaan Volvo.

Dikutip kanal otomotif Suara.com, jejaring SuaraBatam.id dari Carscoops, ia menyebutkan bahwa kegiatan mengutak-atik layar atau head unit mobil sangat berbahaya. Mengoperasikan head unit atau sistem entertainment mobil saat sedang melaju disebutkan lebih fatal daripada mengemudi dalam keadaan mabuk.

"Layar ponsel dan head unit mobil adalah momok bagi pengemudi modern, akan tetapi kehidupan secara keseluruhan membutuhkan hal ini," kata eksekutif Volvo itu.

Nah, di Tanah Air, salah satu carmaker yang menyematkan fitur voice command kepada produknya adalah DFSK atau Dong Feng Sokonindo Automobile.  Tepatnya produk  DFSK Glory i-Auto dengan i-Talk.

Baca Juga: Jelang Libur Panjang, DFSK Tingkatkan Layanan Purna Jual

Fitur Voice Command yang dimiliki DFSK Glory i-Auto [DFSK].
Fitur Voice Command yang dimiliki DFSK Glory i-Auto [DFSK].

"Fitur i-Talk yang disematkan di DFSK Glory i-AUTO untuk pasar Indonesia sudah dikembangkan sedemikian rupa oleh tim R&D DFSK agar benar-benar sesuai dengan karakteristik kebutuhan serta dialek Bahasa Inggris konsumen di Indonesia," ungkap Sugiartono, Technical Manager PT Sokonindo Automobile, dalam keterangan tertulisnya.

"Pengembangan ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab kami dalam menghadirkan sebuah fitur yang responsif, inovatif, dan adaptif terhadap kebiasaan-kebiasaan konsumen di Indonesia," imbuhnya.

Dari segi keamanan, lanjut Sugiartono, fitur i-Talk mempermudah para pengemudi untuk tetap berkonsentrasi mengendarai kendaraannya tanpa harus terganggu untuk menyentuh berbagai tombol untuk mengoperasikan berbagai fitur yang ada. Pengemudi bisa terus memandang jalan di depan serta tangan tetap memegang kendali setir secara penuh, dan mempekerjakan fitur i-Talk menjadi asisten berkendara selama perjalanan.

Kehadiran voice command sangatlah membantu pengemudi untuk fokus kepada kegiatan driving, bukannya terdistraksi dengan layar head-unit pun ponsel.

Kemudian dari segi kenyamanan, seluruh penumpang bisa mengakses fitur perintah suara ini dengan mengucapkan kata kunci "Hi Glory" di awal perintah. Fitur i-Talk dapat menerima 100 perintah suara yang tersambung dengan phone connection, voice navigation, media command, car feature voice control, sampai connectivity.

Baca Juga: Perlu Mobil Ambulans? Ini Versi DFSK Gelora serta Daftar Harga

Perintah-perintah suara sudah disesuaikan dengan kebiasaan dan ucapan-ucapan yang familiar diperintahkan oleh konsumen di Indonesia, serta didukung dengan software dan interface bersahabat untuk digunakan, kecakapan merespon berbagai aksen lokal, sampai noise filtering yang baik.

"Kemampuan fitur perintah suara i-Talk yang disematkan di DFSK Glory i-AUTO menjadi bentuk inovasi kami dalam meningkatkan kualitas perjalanan, baik dari segi keamanan sampai kenyaman berkendara," tambah Sugiartono.

Konsumen sudah bisa memesan DFSK Glory i-AUTO dengan harga yang berbanderol Rp329.699.000 (on the road DKI Jakarta) di seluruh jaringan resmi yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait