Konsumsi Ikan di Batam 18 ribu Ton Sebulan, Dinas Perikanan Sidak Pasar Pastikan Kualitas

Sehingga diperkirakan, dalam sebulan konsumsi ikan di Batam mencapai 1.500 ton. Ikan yang paling populer terdiri dari benggol, tongkol, selar, ikan mata besar, katanya.

Eliza Gusmeri
Kamis, 09 Maret 2023 | 22:14 WIB
Konsumsi Ikan di Batam 18 ribu Ton Sebulan, Dinas Perikanan Sidak Pasar Pastikan Kualitas
Ikan Kembung Kuah Asam (Dok. Unicef)

SuaraBatam.id - Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Ridwan menyebutkan konsumsi ikan basah di Batam cukup tinggi, mencapai 18 ribu ton dalam setahun.

Sehingga diperkirakan, dalam sebulan konsumsi ikan di Batam mencapai 1.500 ton. “Ikan yang paling populer terdiri dari benggol, tongkol, selar, ikan mata besar,” katanya, melansir Batamnews--jaringan suara.com.

Mengingat jumlah konsumsi ikan yang cukup banyak, pihaknya melakukan pemantauan stok ikan di Kota Batam terlebih memasuki ramadan.

“Kami juga akan pastikan stok ikan aman dan pastinya tidak mengalami kenaikan harga nantinya,” ucapnya.

Baca Juga:Heboh 2 Pekerja di Batam Terlindas Alat Berat hingga Tewas

Saat ini Dinas Perikanan (Diskan) Kota Batam bersama Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) akan melakukan pengecekan ikan di pasaran.

Pengecekan ini dilakukan untuk menjamin kualitas ikan saat bulan ramadan. Sehingga ikan yang akan dikonsumsi masyarakat terbebas dari zat berbahaya.

“Nanti bersama tim melakukan pengecekan lagi,” ujar Ridwan, Kamis (9/3/2023).

Ia menjelaskan, pengecekan ini dilakukan untuk menindaklanjuti dari hasil temuan tim saat melakukan sidak ke pasar beberapa waktu lalu.

Saat itu, ada 54 sampel jenis ikan yang diambil untuk selanjutnya dilakukan pengecekan di laboratorium. Hasilnya diketahui, bahwa kakap asin mengandung formalin.

Baca Juga:2 Jurnalis Perempuan di Batam Diintimidasi saat Liputan Wagub Kepri Marlin Agustin, Diduga Dilakukan Rombongan Pejabat

“Hanya kakap asin saja yang terkontaminasi formalin, ikan lain aman, termasuk ikan basah,” katanya.

News

Terkini

Tim berniat memberikan pendampingan kepada korban yang tinggal bersama keluarga dari ayah kandung.

News | 16:13 WIB

Waktu imsak yang biasanya ditetapkan sepuluh menit sebelum subuh maka orang yang akan berpuasa akan lebih berhati-hati ketika mendekati waktu subuh.

News | 22:28 WIB

Hari ini umat muslim sudah menjalani puasa pertama. Agar tidak terlewat, berikut jadwal berbuka puasa di Batam berserta waktu salat.

News | 17:15 WIB

Sementara itu, berpuasa juga mendatangkan banyak manfaat diantaranya latihan mengendalikan syahwat, sebab syahwat sangat mudah dikendalikan dalam kondisi lapar.

News | 18:49 WIB

Tujuannya, agar puasa kita dapat berjalan lancar dan diterima oleh Allah SWT. Ringkasnya berikut doa sahur yang bisa kita amalkan selama bulan Ramadan.

News | 18:19 WIB

Kondisi ini juga membuat pedagang bunga bertebaran di lokasi. Yani, salah seorang penjual bunga ketiban rezeki dengan menjual satu bungkus bunga harga Rp 10 ribu.

News | 18:08 WIB

Kampung terakhir di Singapura itupun kini menjadi tujuan wisata yang populer. Untuk menemukan Kampung Lorong Buangkok, datanglah ke daerah Sengkang.

News | 14:01 WIB

Hal itu diketahui dari akun @PartaiSocmed yang menampilkan cewek yang diduga anak sang Sekda.

News | 13:48 WIB

Sebentar lagi umat islam kembali menjalani ibadah puasa. Sebelum menjalankan ibadah puasa ada beberapa syarat yang perlu kita ketahui agar ibadah kita diterima Allah SWT.

News | 13:36 WIB

Ia menyebut bibit sapi itu aman karena NTT berstatus zona hijau wabah PMK dan telah menjalani karantina selama 14 hari di NTT sebelum kemudian dikirim ke Kepri.

News | 20:20 WIB

Udin menegaskan bahwa perjalanan dinas tersebut bukan fiktif, karena perjalanan itu sudah dilaporkan.

News | 16:13 WIB

Mereka diperiksa terkait perjalanan dinas fiktif yang diadukan satu agen travel.

News | 15:57 WIB

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara, Yahdi Basma sudah hampir satu tahun masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri Palu akhirnya

News | 14:03 WIB

Namun, setelah diselidiki polisi, ternyata SA ditemukan sedang bersama kekasihnya FHR (19).

News | 13:52 WIB

Sementara pemeriksaan baru dilakukan saat ini.

News | 13:44 WIB
Tampilkan lebih banyak