Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo dan Siberkreasi Ajak Warga Karimun Berpartisipasi

Penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni.

Riki Chandra
Rabu, 16 November 2022 | 16:35 WIB
Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo dan Siberkreasi Ajak Warga Karimun Berpartisipasi
Ilustrasi literasi digital. [Dok.Istimewa]

SuaraBatam.id - Penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni. Dengan begitu, masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna.

Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pandemi Covid-19 telah memacu perkembangan teknologi. Masyarakat secara sendirinya didorong berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital.

"Kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan masyarakat semakin mempertegas keberadaan digitalisasi di masa percepatan transformasi digital," kata Samuel membuka acara webinar literasi digital dalam kegiatan Siberkreasi untuk wilayah Sumatera, Senin (14/11/2022).

Berdasarkan hasil survei nasional yang dilakukan Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021, indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level sedang dengan skor 3.49 yang dihitung berdasarkan skor indek 4 (empat) pilar literasi digital seperti kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Baca Juga:Perkembangan Teknologi Makin Pesat, Kominfo dan Siberkreasi Bakal Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat

"Kenaikan skor indeks literasi digital ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46. Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat," katanya.

Berangkat dari visi tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Sumatera dan sekitarnya untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Program tersebut bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra dan sekitarnya, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

Warga Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau yang ingin berpartipasi dalam kegiatan tersebut bisa mengikuti webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk Komunitas/Masyarakat Sumatera dan sekitarnya yang akan diselenggarakan pada November 2022, tepatnya Kamis (17/11/2022) pukul 13.00 - 15.00 WIB dengan tema “KONSEP BISNIS DIGITAL: PEMASARAN MELALUI WHATSAPP”.

Webinar ini turut menghadirkan Virna Lim, Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia; Sukma Nurjagat, Relawan MAFINDO Jakarta & Praktisi Literasi Digital; Serta Julita Hazeliana, Komite Edukasi MAFINDO & Praktisi Literasi Digital, sebagai narasumber. Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting dan anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://bit.ly/PendaftaraanSumatra25498

Baca Juga:Kemenkominfo Tingkatkan Kapasitas Literasi Digital Masyarakat

E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi.

News

Terkini

Maka itu, penting sekali gawai terus menyala selama jam-jam produktif.

Lifestyle | 18:22 WIB

balita berjenis kelamin laki-laki, korban kecelakaan kapal kayu di Perairan Kabil, Kota Batam

News | 08:40 WIB

Daniel Mananta dikabarkan telah memeluk agama Islam atau mualaf. Hal ini menjadi heboh lantaran Daniel dekat dan mendengarkan pengajian Ustaz Abdul Somad (UAS).

News | 17:15 WIB

Warga Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, dihimbau untuk meramaikan kegiatan seminar untuk meningkatkan literasi digital.

News | 15:54 WIB

Kematian seorang prajurit TNI di Jayapura dibenarkan Komandan Korem 172/PWY Brigadir Jenderal TNI JO Sembiring.

News | 15:28 WIB

Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, telah melaksanakan program pendidikan gratis hingga SMA.

News | 14:30 WIB

Mega bintang Lionel Messi tak mau menjagokan negaranya Argentina menjadi kampiun Piala Dunia 2022. Dia justru menyebut beberapa negara lain yang akan menjadi juara.

News | 11:25 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini bersedia jika dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

News | 09:31 WIB

F mengaku telah tinggal di hotel tersebut selama dua tahun. Selama itu pula ia menjajakan diri kepada pria hidung belang.

News | 15:52 WIB

Polisi yang mendapat laporan turun ke lokasi.

News | 15:25 WIB

senjata api itu ditemukan di dalam ransel bersama narkoba jenis ganja dan sabu.

News | 13:00 WIB

Perdana Menteri (PM) Spanyol, Pedro Sanchez meminta Presiden China Xi Jinping agar menggunakan pengaruhnya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

News | 10:10 WIB

Gaya pacaran penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja selalu mencuri perhatian netizen.

Lifestyle | 09:36 WIB

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen batal menghadiri hari pertama konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali. Hal itu lantaran dia dinyatakan positif Covid-19.

News | 14:37 WIB

Artis Raffi Ahmad bantah tudingan lebih royal ke teman ketimbang keluarga. Hal itu disampaikan Raffi dalam program FYP yang dipandunya, baru-baru ini.

News | 11:51 WIB
Tampilkan lebih banyak