Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan UMKM, BRI Hadirkan Program FIL

Porgram ini sudah dijalankan sejak tahun lalu.

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Jum'at, 23 September 2022 | 17:30 WIB
Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan UMKM, BRI Hadirkan Program FIL
UMKM Binaan BRI. (Dok: Bank BRI)

SuaraBatam.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan program Figur Inspiratif Lokal (FIL) sebagai komitmen dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan kepada pelaku UMKM Tanah Air. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian mengakselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memberdayakan UMKM, khususnya sosok inspiratif.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengatakan, FIL ini merupakan program pemberdayaan sebagai bentuk apresiasi kepada figur inspiratif lokal.

“Mereka dianggap telah memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi pelaku usaha/UMKM di lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Supari.

Diharapkan, ke depannya para figur inspiratif yang kompeten tersebut dapat menjadi partner bagi Mantri BRI untuk turut serta dalam akuisisi ekosistem bisnis perseroan. Seperti diketahui, Mantri BRI merupakan sebutan bagi tenaga pemasar mikro. Saat ini, Mantri BRI sudah tersebar di lebih dari 77.327 desa/kelurahan di seluruh Indonesia, dengan jumlah mantri sebanyak 27.086 orang.

Baca Juga:BRI Liga 1: Kabar Baik dan Kabar Buruk Coach Teco Jelang Bali United Vs Persikabo

Program FIL sendiri telah dilaksanakan oleh perseroan sejak tahun lalu, dengan berbagai kegiatan, berupa bimbingan teknis (bimtek) oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) level IV, yaitu Pendamping UMKM. Untuk tahun ini, terdapat 600 peserta yang telah mengikuti bimtek dan telah dinyatakan kompeten.

Peserta program ini pun datang dari beragam profesi di antaranya kepala desa atau pengurus desa, pengurus Bumdes, ketua atau pengurus kelompok UMKM, tokoh masyarakat dan Agen Ultra Mikro.

“Kami bangga dengan Figur Inspiratif Lokal yang telah kompeten. Mereka aktif berkolaborasi dengan Mantri BRI, serta telah dipercaya oleh dinas-dinas di kabupaten/kota untuk memberikan pendampingan kepada UMKM,” tambahnya.

Perseroan optimistis, program ini akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini sejalan dengan dampak positif program FIL 2022 bagi UMKM, sekaligus visi dan misi perseroan untuk terus Memberi Makna Indonesia.

Baca Juga:Panaskan Mesin Jelang Laga Kontra Madura United, Ini Persiapan Borneo FC

News

Terkini

Salah satu fandom idol Kpop terbesar di Indonesia yaitu BTS ARMY PROJECT membuka donasi untuk para korban Kanjuruhan.

News | 19:54 WIB

Bahkan hal ini juga menjadi sorotan Direktur Eksekutif Amnesty Indonesia yakni Usmad Hamid yang mengatakan jika penggunaan gas air mata dilarang.

News | 17:47 WIB

Setelah mendapat begitu kecaman dari berbagai pihak, Baim Wong mengaku jika hal itu dijadikannya sebagai bahan intropeksi.

News | 17:09 WIB

Seseorang bisa saja posesif terhadap pasangannya sehingga tak bisa jauh. Posesif sendiri muncul dari rasa takut, gak aman, dan rendahnya kepercayaan diri seseorang.

News | 17:03 WIB

Permintaan maaf tersebut, jelas Sarafudin merupakan bahwa dirinya telah membagikan (Share) atas penerusan pesan (forward message) yang telah menyinggung marwah partai tersebut

News | 16:49 WIB

Pada peningkatan inflasi di bulan September ini, BPS mencatat Kota Batam, dan Tanjungpinang menjadi penyumbang tertinggi perihal kenaikan harga ini.

News | 15:56 WIB

Gedung itu baru saja diresmikan oleh Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun meresmikan bangunan yang diberi nama Balai Perdamaian Adhyaksa Baharudin Lopa, Selasa (4/10/2022).

News | 15:23 WIB

Terbaru, kabar soal kerongkongan Lesti Kejora bergeser setelah dicekik oleh suaminya, Rizky Billar beredar di jagat maya.

News | 13:24 WIB

Hal ini dibenarkan Sekretaris DPD PDIP Kepri, Lis Darmansyah yang menyebutkan bahwa kedatangan Hasto akan membuka kegiatanRapat Kerja Daerah (Rakerda).

News | 11:53 WIB

Cawabup yang diusulkan Partai Demokrat adalah Ahdi Muqsith atau sering disapa Osit.

News | 11:44 WIB

Menurut dokter yang menanganinya, dr. Puspa H Widyowati mengungkapkan ada cedera di bagian kepala Lesti Kejora.

News | 11:30 WIB

Film Justice League dirilis pada November 2017 lalu, dan berikut beberapa fakta-fakta tentang film yang tak kalah menarik dari Avengers:

News | 11:00 WIB

Yeni selaku Ketua RT di lingkungan tinggal Rizky Billar dan Lesti Kejora juga menyebutkan bahwa mereka masih mengontrak rumah.

News | 10:35 WIB

Setelah kematian tragis bintang film Chadwick Boseman, ada banyak rumor tentang siapa yang akan meneruskan superhero Black Panther.

News | 10:30 WIB

Sementara, Scorpio akan mengungkapkan perasaan cinta yang tulus kepada pasangan hari ini.

News | 10:30 WIB
Tampilkan lebih banyak