Wapres Ma'ruf Amin Sebut Pemerintah Tak Ingin Buru-buru Tetapkan Status Endemi

Wapres berharap jangan sampai ada kasusnya atau lonjakan kembali setelah pemerintah menetapkan Indonesia bebas pandemi Covid-19 atau status endemi.

Eliza Gusmeri
Jum'at, 23 September 2022 | 07:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Sebut Pemerintah Tak Ingin Buru-buru Tetapkan Status Endemi
Photo by Çağlar Oskay on Unsplash

SuaraBatam.id - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah masih melakukan pengkajian ulang untuk menetapkan Indonesia bebas Covid-19 dan belum bisa menetapkan status endemi.

Wapres berharap jangan sampai ada kasusnya atau lonjakan kembali setelah pemerintah menetapkan Indonesia bebas pandemi Covid-19 atau status endemi.

"Untuk menyatakan sekarang sudah endemi itu pemerintah masih mengkaji, jangan sampai kita terburu-buru kemudian ternyata di belakang ada, ini pasti dulu, yakin dulu, bahwa memang ini sudah dalam posisi tidak ada gejolak," jelas Wapres dalam keteranganya, Kamis (22/9/2022), dikutip dari wartaekonomi--jaringan suara.com.

Dirinya pun meyakani secara luas Pandemi Covid- 19 di Indonesia sudah mengarah dari pandemi menuju endemi. Sekalipun penangan kasus Covid 19 di Indonesia dinilai cukup baik dan berhasil.

Baca Juga:Update COVID-19 Jakarta 22 September: Positif 888, Sembuh 1.171, Meninggal 2

"Ya kita memang istilah kita itu mengarah dari pandemi ke endemi tetapi memang ada negara yang sudah lebih dahulu mengatakan dalam penanganan Indonesia itu sudah bagus, dianggap sangat baik."

Wapres pun menegaskan Indonesia belum dapat menetapkan status endemi. Untuk itu, masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati dan waspada.

"Walaupun arahnya sudah ke endemi dan dilihat dari kenaikan juga masih sedikit tetapi untuk memastikan, pemerintah masih menunggu beberapa saat untuk memastikan lagi, jadi bersifat hati hatilah kita itu," tegasnya.

News

Terkini

Bahkan hal ini juga menjadi sorotan Direktur Eksekutif Amnesty Indonesia yakni Usmad Hamid yang mengatakan jika penggunaan gas air mata dilarang.

News | 17:47 WIB

Setelah mendapat begitu kecaman dari berbagai pihak, Baim Wong mengaku jika hal itu dijadikannya sebagai bahan intropeksi.

News | 17:09 WIB

Seseorang bisa saja posesif terhadap pasangannya sehingga tak bisa jauh. Posesif sendiri muncul dari rasa takut, gak aman, dan rendahnya kepercayaan diri seseorang.

News | 17:03 WIB

Permintaan maaf tersebut, jelas Sarafudin merupakan bahwa dirinya telah membagikan (Share) atas penerusan pesan (forward message) yang telah menyinggung marwah partai tersebut

News | 16:49 WIB

Pada peningkatan inflasi di bulan September ini, BPS mencatat Kota Batam, dan Tanjungpinang menjadi penyumbang tertinggi perihal kenaikan harga ini.

News | 15:56 WIB

Gedung itu baru saja diresmikan oleh Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun meresmikan bangunan yang diberi nama Balai Perdamaian Adhyaksa Baharudin Lopa, Selasa (4/10/2022).

News | 15:23 WIB

Terbaru, kabar soal kerongkongan Lesti Kejora bergeser setelah dicekik oleh suaminya, Rizky Billar beredar di jagat maya.

News | 13:24 WIB

Hal ini dibenarkan Sekretaris DPD PDIP Kepri, Lis Darmansyah yang menyebutkan bahwa kedatangan Hasto akan membuka kegiatanRapat Kerja Daerah (Rakerda).

News | 11:53 WIB

Cawabup yang diusulkan Partai Demokrat adalah Ahdi Muqsith atau sering disapa Osit.

News | 11:44 WIB

Menurut dokter yang menanganinya, dr. Puspa H Widyowati mengungkapkan ada cedera di bagian kepala Lesti Kejora.

News | 11:30 WIB

Film Justice League dirilis pada November 2017 lalu, dan berikut beberapa fakta-fakta tentang film yang tak kalah menarik dari Avengers:

News | 11:00 WIB

Yeni selaku Ketua RT di lingkungan tinggal Rizky Billar dan Lesti Kejora juga menyebutkan bahwa mereka masih mengontrak rumah.

News | 10:35 WIB

Setelah kematian tragis bintang film Chadwick Boseman, ada banyak rumor tentang siapa yang akan meneruskan superhero Black Panther.

News | 10:30 WIB

Sementara, Scorpio akan mengungkapkan perasaan cinta yang tulus kepada pasangan hari ini.

News | 10:30 WIB

Menurutnya berita yang disebar ke grup WhatsApp tersebut adalah pesan berantai yang diperoleh dari grup lain.

News | 10:15 WIB
Tampilkan lebih banyak