Diduga Sengaja Buka Lahan, Hutan Seluas 1 Ha Dekat Perumahan Villa Indah di Bintan Kebakaran

Kejadian terjadi Kamis malam, 11 Agustus 2022.

Eliza Gusmeri
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 13:01 WIB
Diduga Sengaja Buka Lahan, Hutan Seluas 1 Ha Dekat Perumahan Villa Indah di Bintan Kebakaran
Kebakaran lahan di Bintan [antara]

SuaraBatam.id - Kebakaran lahan kembali terjadi di Bintan. Kali ini hutan seluas satu hektare ludes dilalap api, tepat berdekatan dengan Perumahan Villa Indah, Kelurahan Sei Lekop, Kabupaten Bintan.

Kejadian terjadi Kamis malam, 11 Agustus 2022.

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB," kata Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Bintan Timur Nurwendi, dikutip dari Antara.

Nurwrendi menyebut informasi kejadian diperoleh dari warga Sei Lekop, lalu diteruskan ke Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Bintan Timur.

Baca Juga:Rumah Kos Di Kembangan Terbakar Hari Ini, Diduga Akibat Puntung Rokok

Setelahnya, tim satgas karhutla langsung menuju ke lokasi kejadian untuk memadamkan api dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB," ucapnya.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui sumber kebakaran tersebut, namun kemungkinan memang sengaja dibakar untuk membuka lahan di tengah musim panas.

Makanya, ia mengimbau warga tidak membakar lahan dan hutan saat cuaca panas karena beresiko tinggi memicu kebakaran.

"Akan ada sanksi tegas bagi warga yang kedapatan sengaja membakar lahan. Sesuai Pasal 108 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup. Pelaku pembakaran berpotensi didenda Rp10 miliar dan penjara 10 tahun," katanya menegaskan. [antara]

Baca Juga:INTEGRITY Paparkan Hilangnya Kawasan Hutan Jadi HGU di Kotabaru ke Bareskrim

News

Terkini

Pria yang diduga eks karyawan Lesti kejora tersebut mengaku mendapatkan informasi peristiwa kekerasan yang dilakukan Rizky Billar.

Lifestyle | 13:10 WIB

Kasus KDRT yang menimpa keluarga Lesti Kejora dan Rizky Billar membuat publik syok.

Lifestyle | 12:00 WIB

Operasi Gempur dilaksanakan oleh tim dari Bea Cukai Karimun dan Bea Cukai Kanwilsus Kepri, di wilayah Pulau Kundur.

News | 17:30 WIB

Ia akhirnya melaporkan seorang laki-laki bernama MF (28) yang diduga membuat ancaman tersebut. Bermula dari MF yang mengancam PA di rumahnya dan dihadapan anaknya.

News | 17:22 WIB

Ia merasa tak terima Lesti Kejora mendapatkan perlakuan tersebut. Dengan tegas ia ingin membantu menolong Lesti jika hal itu terulang lagi.

News | 14:49 WIB

Perempuan yang jadi korban tersebut atau R adalah warga Kecamatan Seibeduk, Kota Batam, Kepulauan Riau.

News | 14:28 WIB

Phising merupakan tindakan ketika seseorang mencoba mengakses akun Instagram pengguna secara ilegal dengan mengirimkan pesan atau tautan mencurigakan yang meminta informasi pr

News | 14:00 WIB

Contohnya adalah ketika pasanganmu kasar, berkata keras di depan umum hingga berselingkuh beberapa kali.

News | 13:00 WIB

Adapun, Lesti Kejora dikabarkan dirawat di rumah sakit setelah mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh suaminya, Rizky Billar.

News | 12:00 WIB

Hal ini merupakan tindak lanjut dari laporan pelanggaran Undang-Undang ITE, yang dilakukan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan, Soerya Respationo, Jumat (30/9/2022) kemarin.

News | 11:39 WIB

Referendum itu dikutuk komunitas internasional, dengan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat menyebutnya "palsu" dan tidak akan diakui.

News | 10:25 WIB

Ia mengapresiasi langkah penyidik Polri yang akhirnya menahan istri Irjen Pol. Ferdy Sambo itu sesaat setelah menjalani wajib lapor dan serangkaian pemeriksaan, Jumat.

News | 10:17 WIB

Akan ada peringatan yang membuatmu tercegah dari penipuan. Meskipun kamu berhasil lebih maju dari orang-orang, kamu cenderung membuat musuhmu kelabakan.

News | 10:00 WIB

Dalam surat BAP yang beredar di media sosial, Rizky Billar mencekik hingga membanting tubuh Lesti berulang kali.

News | 09:47 WIB

KPI juga menyebut imbauan ini tidak hanya berlaku di TV tetapi juga radio. Sepertinya imbauan tersebut juga tak lepas dari sorotan kasus KDRT yang menimpa Lesti Kejora saat

News | 19:00 WIB
Tampilkan lebih banyak