10 Tahun Berjualan, Pedagang Bendera Musiman di Tanjungpinang Capai Omset Jutaan Rupiah

Para pedagang ini, memanfaatkan lahan kosong di sejumlah bahu untuk menjajakan bendera, umbul-umbul, background dan aksesoris lain bertema hari kemerdekaan.

Eliza Gusmeri
Senin, 08 Agustus 2022 | 14:30 WIB
10 Tahun Berjualan, Pedagang Bendera Musiman di Tanjungpinang Capai Omset Jutaan Rupiah
Aden pedagang musiman bendera merah putih saat melayani pembeli di Jalan Ahmad Yani, Km 5 Tanjungpinang. (suara.com/rico barino)

SuaraBatam.id - Pedagang musiman jelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia mulai ramai di beberapa titik jalanan Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Para pedagang ini, memanfaatkan lahan kosong di sejumlah bahu untuk menjajakan bendera, umbul-umbul, background dan aksesoris lain bertema hari kemerdekaan.

Salah satunya, Aden pedagang musiman di Jalan Ahmad Yani, Km 5 Tanjungpinang. Dirinya mengaku sudah berjualan bendera merah putih sejak tahun 2012 silam hingga sekarang.

"Saya sudah berjualan bendera merah putih ini sejak tahun 2012 lalu, tiap tahunnya saya berjualan di sini di depan kantor RRI Tanjungpinang," ujar Aden disela-sela melayani pembeli, Senin (8/8/2022).

Baca Juga:Bendera Belum Terpasang, Petugas Tegur Pengusaha di Wilayah Kemirimuka Depok

Mulai berjualan, kata Aden, sejak awal bulan Agustus hingga Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Aden juga menyampaikan, bendera merah putih dan atribut Hari Kemerdekaan ini, didatangkan dari Garut, Jawa Barat.

"Hampir semua yang dijual di Tanjungpinang ini, dari Garut. Karena lebih murah, bahan kain di Garut murah dan berkualitas," kata Aden, yang tinggal di Km 13 Kota Tanjungpinang.

Selain itu, Aden juga mengaku tiap harinya dari penjualan bendera tersebut bisa meraup omset dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Selama lebih kurang 16 hari berjualan, dirinya bisa beromset dari belasan juta hingga puluhan juta.

"Untuk penjualan per harinya, juga tergantung cuaca. Kalau cuaca baik, pembeli ramai," ujarnya.

Untuk pembeli sendiri, lanjut Aden, kebanyakan masyarakat yang membeli bendera merah putih. Sedangkan untuk pembeli dari kantor dan tempat usaha tidak terlalu ramai, biasanya mereka membeli umbul-umbul dan background dinding merah putih.

Baca Juga:Tiang Bendera Merah Putih Tidak Boleh Menggunakan Pipa Paralon

"Untuk yang paling laku, ya bendera merah putih. Kalau umbul-umbul dan background, biasanya yang beli untuk kantor pemerintah dan swasta, ada juga untuk resort," ujarnya.

News

Terkini

Ia mengaku sempat drop begitu namanya dituding sebagai selingkuhan Rizky Billar.

Lifestyle | 14:03 WIB

Pria yang diduga eks karyawan Lesti kejora tersebut mengaku mendapatkan informasi peristiwa kekerasan yang dilakukan Rizky Billar.

Lifestyle | 13:10 WIB

Kasus KDRT yang menimpa keluarga Lesti Kejora dan Rizky Billar membuat publik syok.

Lifestyle | 12:00 WIB

Operasi Gempur dilaksanakan oleh tim dari Bea Cukai Karimun dan Bea Cukai Kanwilsus Kepri, di wilayah Pulau Kundur.

News | 17:30 WIB

Ia akhirnya melaporkan seorang laki-laki bernama MF (28) yang diduga membuat ancaman tersebut. Bermula dari MF yang mengancam PA di rumahnya dan dihadapan anaknya.

News | 17:22 WIB

Ia merasa tak terima Lesti Kejora mendapatkan perlakuan tersebut. Dengan tegas ia ingin membantu menolong Lesti jika hal itu terulang lagi.

News | 14:49 WIB

Perempuan yang jadi korban tersebut atau R adalah warga Kecamatan Seibeduk, Kota Batam, Kepulauan Riau.

News | 14:28 WIB

Phising merupakan tindakan ketika seseorang mencoba mengakses akun Instagram pengguna secara ilegal dengan mengirimkan pesan atau tautan mencurigakan yang meminta informasi pr

News | 14:00 WIB

Contohnya adalah ketika pasanganmu kasar, berkata keras di depan umum hingga berselingkuh beberapa kali.

News | 13:00 WIB

Adapun, Lesti Kejora dikabarkan dirawat di rumah sakit setelah mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh suaminya, Rizky Billar.

News | 12:00 WIB

Hal ini merupakan tindak lanjut dari laporan pelanggaran Undang-Undang ITE, yang dilakukan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan, Soerya Respationo, Jumat (30/9/2022) kemarin.

News | 11:39 WIB

Referendum itu dikutuk komunitas internasional, dengan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat menyebutnya "palsu" dan tidak akan diakui.

News | 10:25 WIB

Ia mengapresiasi langkah penyidik Polri yang akhirnya menahan istri Irjen Pol. Ferdy Sambo itu sesaat setelah menjalani wajib lapor dan serangkaian pemeriksaan, Jumat.

News | 10:17 WIB

Akan ada peringatan yang membuatmu tercegah dari penipuan. Meskipun kamu berhasil lebih maju dari orang-orang, kamu cenderung membuat musuhmu kelabakan.

News | 10:00 WIB

Dalam surat BAP yang beredar di media sosial, Rizky Billar mencekik hingga membanting tubuh Lesti berulang kali.

News | 09:47 WIB
Tampilkan lebih banyak