facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ribuan Warga Tanjungpinang Antusias Meriahkan Pawai Tahun Baru Islam

Eko Faizin Minggu, 31 Juli 2022 | 14:03 WIB

Ribuan Warga Tanjungpinang Antusias Meriahkan Pawai Tahun Baru Islam
Peserta dan warga Tanjungpinang antusias memeriahkan pawai dalam menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriah, di Kawasan Taman Gurindam 12, Tepi Laut, Kota Tanjungpinang, Minggu (31/7/2022). [Suara.com/Rico Barino]

Selain itu, ratusan peserta memulai dari kawasan Anjung Cahaya Tepi Laut, berjalan menuju tenda utama Gedung Daerah, Tanjungpinang.

SuaraBatam.id - Ribuan warga Tanjungpinang antusias menyaksikan tradisi pawai mobil hias, marawis, dan marching band dalam menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1444 H di Kawasan Taman Gurindam 12, Tepi Laut, Kota Tanjungpinang, Minggu (31/7/2022).

Terlihat warga Tanjungpinang penuhi sepanjang ruas jalan yang menjadi perlintasan pawai 1 Muharram, tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga sangat antusias menyambut Tahun Baru Islam.

Selain itu, ratusan peserta memulai dari kawasan Anjung Cahaya Tepi Laut, berjalan menuju tenda utama Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Selain mobil hias, barisan peserta dilengkapi dengan slogan-slogan dan bendera bertuliskan asmaul husna, barisan marawis, hingga barisan bunga manggar.

Linda warga Batu 5 Tanjungpinang, menyampaikan sengaja membawa anak-anaknya untuk menonton pawai mobil hias tersebut. Kebetulan hari ini libur akhir pekan, sambil rekreasi juga bawa anak-anak.

"Anak-anak senang melihat pawai-pawai seperti ini, daripada hanya di rumah anak-anak hanya main dan nonton gadget," ujar Linda.

Lainnya warga, Sulaiman juga mengatakan peringatan Tahun Baru Islam ini bagian dari syiar Islam. Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mengeratkan silaturahmi antar warga.

"Selain menonton pawai, saya datang juga ada kegiatan keagamaan, ada tabligh akbar di halaman Gedung Daerah ini," kata Sulaiman.

Kemudian peserta pawai muharram, salah satu guru SMA 5 Tanjungpinang, Firdaus mengatakan para siswa sangat antusias mengikuti pawai ini, bersama guru menghias mobil dari barang-barang daur ulang limbah plastik di sekolah.

"Botol-botol plastik ini dibentuk menyerupai miniatur unta dan pohon kurma. Kemudian di belakang diikuti puluhan siswa barisan marawis dan bunga manggar," ujar Firdaus.

Komentar

Berita Terkait