facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kuota Haji 2022, Kemenag Batam Masih Tunggu Pemerintah Pusat

Eko Faizin Sabtu, 07 Mei 2022 | 13:53 WIB

Kuota Haji 2022, Kemenag Batam Masih Tunggu Pemerintah Pusat
Ilustrasi ibadah haji. [Twitter Ministry of Hajj]

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan kuota haji dari Batam.

SuaraBatam.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam hingga saat ini masih menunggu kuota haji dari pemerintah pusat untuk pemberangkatan ibadah haji tahun 2022.

“Karena di Arab Saudi ada aturan baru, jadi di Indonesia perlu verifikasi,” ujar Plt Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kepulauan Riau (Kepri) Edi Batara kepada Antara, Sabtu (7/5/2022).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan kuota haji dari Batam.

“Jadi sementara secara global memang tidak ada, tapi nanti mudah-mudahan tanggal 9 Mei nanti kami punya data yang valid untuk kuota haji ini,” ucap Edi.

Untuk embarkasi Batam, pemerintah menetapkan ada empat provinsi yang lewat embarkasi Hang Nadim Batam, yang pertama Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jambi, dan Riau

“Yang menginap di asrama haji hanya dua, Provinsi Kepri dan Kalimantan Barat. Sementara dua provinsi Riau dan Jambi hanya menunggu sebentar untuk transit di Hang Nadim,” kata dia.

Untuk persyaratan ibadah haji tahun ini, kata dia, memang ada sedikit yang berubah seperti batas maksimal umur jamaah haji hanya sampai 65 tahun yang boleh ikut ibadah haji.

“Memang itu banyak yang protes, karena usia di atas 65 tahun bisa saja digeser. Lewat satu hari saja tidak bisa. Itu keputusan dari pemerintahan Arab Saudi, jadi bukan Indonesia. Jadi kami mengikuti aturan dari Arab Saudi, ya mudah-mudahan itu bisa berjalan dengan lancar,” tutur Edi. (Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait