facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Idul Fitri di Batam: Salat Id Digelar Lebih Lama, Open House Kembali Diadakan

Eko Faizin Senin, 02 Mei 2022 | 14:29 WIB

Idul Fitri di Batam: Salat Id Digelar Lebih Lama, Open House Kembali Diadakan
Suasana Salat Id di Dataran Engku Putri, Batam Center. [Suara.com/Partahi]

Pelaksanaan Salat Id kali ini dilaksanakan dengan durasi yang lebih lama dibandingkan tahun sebelumnya.

SuaraBatam.id - Ribuan masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau memenuhi pelaksanaan Salat Idul Fitri atau Salat Id, yang dilaksanakan di Dataran Engku Putri, Batam Center Senin (2/4/2022) pagi.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, pelaksanaan Salat Id kali ini dilaksanakan dengan durasi yang lebih lama dibandingkan tahun sebelumnya.

Dimulai sejak pukul 07.00 WIB, seluruh sudut Dataran Engku Putri tampak sudah dipenuhi oleh para jamaah yang akan mengikuti Salat Id, tidak hanya itu ceramah yang diberikan KH. Lukman Rifai juga dilakukan dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 15 menit.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menuturkan ada perbedaan signifikan yang dirasakannya dalam Salat Id bersama masyarakat Kota Batam, salah satunya adalah peniadaan jarak antar jamaah saat melaksanakan Sholat.

"Hari ini saya merasakan Salat yang tidak memiliki jarak antar jamaah. Tentu hal yang berbeda dengan dua tahun sebelumnya," papar Rudi yang ditemui sesaat setelah Salat Id.

Dengan kondisi saat ini, Rudi menyebutkan bahwa pihaknya optimis, saat ini kondisi Pandemi Covid-19 dapat meningkat menjadi status Endemi.

Walau demikian, Rudi juga menghimbau agar masyarakat Kota Batam tetap menjaga kondisi tubuh, meski nantinya status pandemi akan ditingkatkan menjadi endemi.

"Walau memang belum diumumkan resmi oleh Pemerintah Pusat, namun kami optimis saat ini kondisi pandemi akan meningkat endemi dengan situasi saat ini. Namun saya himbau agar tetap menjaga kondisi tubuh walau sudah.

Salah satu perbedaan lain, adalah kembali dilaksanakannya open house di kediaman Wali Kota Batam bagi seluruh masyarakat Batam.

Pelaksanaan open house juga dijadwalkan selama dua hari berturut-turut, dimulai dari pukul 10.00 WIB - 17.00 WIB.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait