facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang Buka Rute ke Malaysia 1 April

Eliza Gusmeri Selasa, 22 Maret 2022 | 17:23 WIB

Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang Buka Rute ke Malaysia 1 April
Dermaga Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. (Rico Barino.suara.com)

Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang direncanakan dibuka 1 April 2022, untuk rute perjalanan Johor Baharu, Malaysia dan sebaliknya.

SuaraBatam.id - Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang direncanakan dibuka 1 April 2022, untuk rute perjalanan Johor Baharu, Malaysia dan sebaliknya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaludin menjelaskan pihaknya telah mendapatkan surat tembusan dari Kemenhub terkait dibukanya Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) akan dibuka untuk pelayaran dari Johor Bahru, Malaysia, pada 1 April 2022.

"Melalui Surat Edaran (SE) nomor 12 tahun 2022 Satgas Nasional untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN)," ujar Agus saat ditemui di Kantornya, Selasa (22/3/2022).

Agus menkjelaskan, untuk persyaratannya sesuai edaran PPLN harus membawa surat negatif hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR), kemudian sudah divaksin 2 kali serta mengisi aplikasi e-Hac di aplikasi peduli lindungi.

Baca Juga: Viral, Seorang Gadis Berani Buka Warung Makan di Depan Kuburan, Warganet: Tiap Jualan Ingat Kematian

"Wisman yang tiba di Pelabuhan SBP kita lakukan screening, pengukuran suhu dan tes PCR dengan masa tunggu 1 kali 24 jam," jelasnya.

Sehingga, Agus mengatakan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti petugas swab yang berasal dari pihak ketiga, sebab yang datang adalah turis yang jelas tidak ditanggung dari pemerintah.

"Mereka pelaku perjalanan internasional, harus biaya mandiri," kata Agus.

Hal lain yang juga sangat penting dipersiapkan adalah tempat karantina mandiri, sebab kata Agus tidak ada yang bisa mengetahui jika ada wisman yang datang itu tiba-tiba terpapar covid-19.

"Ini yang harus dibahas bersama terlebih dahulu antara stakeholder di pelabuhan dengan satgas di Tanjungpinang," pungkasnya.

Baca Juga: 12 Dokter Bedah Malaysia Berhasil Memisahkan Bayi Kembar di Usia 17 Hari, Begini Kondisinya Sekarang

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, mengapresiasi pemerintah pusat terkait PPLN khusus membuka pintu-pintu masuk wisman di seluruh wilayah Kepulauan Riau. Hal

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait