facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masjid Baiturrahman, Sekupang Akan Diperbaiki dengan Anggaran Rp500 Juta

Eliza Gusmeri Sabtu, 29 Januari 2022 | 11:33 WIB

Masjid Baiturrahman, Sekupang Akan Diperbaiki dengan Anggaran Rp500 Juta
Masjid Baiturrahman Sekupang (Foto: Ist/Net)

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 500 juta. Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin mengatakan, tahun ini proses perbaikan tidak sepenuhnya.

SuaraBatam.id - Masjid Baiturrahman, Sekupang akan diperbaiki Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR).

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 500 juta. Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin mengatakan, tahun ini proses perbaikan tidak sepenuhnya dilakukan karena keterbatasan anggaran.

Perbaikan pertama adalah fasilitas toilet dan gedung pendukung, sementara gedung utama masjid belum dilakukan tahun ini.

"Iya, sekarang kalau ada anggaran tentu akan dilakukan revitalisasi penuh,” ujar Jefridin saat meninjau Masjid Baiturrahman, Jumat (28/1/2022).

Masjid Baiturrahman ini sebelumnya merupakan aset Badan Pengusahaan (BP) Batam, namun kemudian diserahkan ke Pemko Batam. Sehingga Pemko Batam harus melakukan perawatan.

Baca Juga: Nilai Ekspor Rumput Laut Batam Naik 500 Persen, Permintaan dari Negara Tujuan Meningkat

Jefridin mengatakan, Masjid ini nantinya akan menjadi masjid kecamatan.

“Tahun ini Masjid Agung juga ada revitalisasi lebih besar dari Masjid Baiturrahman. Mudah-mudahan semua lancar pengerjaannya, dan ibadah jadi lebih nyaman," kata dia.

Sekretaris DCKTR Batam, Arman mengatakan bahwa perbaikan tahun ini pertama meliputi toilet tempat wudhu jemaah yang akan beribadah. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua, dan memang membutuhkan perbaikan.

"Pembangunan toilet saja dulu, tapi tim teknis masih mengecek seperti apa nanti pengerjaannya. Yang urgent itu dulu," ucapnya.

Sebelumnya, Pemko Batam akan melakukan revitalisasi Masjid Agung, Batam Center tahun ini. Pengerjaan fisik direncakan akan dimulai Mei mendatang. Pemerintah menyiapkan angaran Rp 210 miliar untuk peningkatan infrastruktur. Untuk teknis pengerjaan memakan waktu hingga tiga tahun ke depan.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Akan Isi Acara di Festival Akbar Al Quran di Ninos Batam

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait