facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

RS Awal Bros Buka Vitrektomi, Layanan Pengobatan Retina untuk Cegah Kebutaan

Eliza Gusmeri Selasa, 25 Januari 2022 | 10:00 WIB

RS Awal Bros Buka Vitrektomi, Layanan Pengobatan Retina untuk Cegah Kebutaan
Ilustrasi mata yang bersih. (Pixabay/puhhha)

Tindakan Vitrektomi adalah salah satu prosedur operasi pembedahan pada bola mata untuk memperbaiki retina yang rusak serta mengatasi masalah pada cairan yang mengisi bola mata

SuaraBatam.id - Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) telah membuka layanan Vitrektomi.

Tindakan Vitrektomi adalah salah satu prosedur operasi pembedahan pada bola mata untuk memperbaiki retina yang rusak serta mengatasi masalah pada cairan yang mengisi bola mata (Vitreus).

Dikutip dari Batamnews, Direktur RSAB Batam, dr. Widya Putri menyebutkan, kelainan pada retina mata biasanya bersifat irreversibel atau tidak dapat kembali seperti semula.

Namun keunggulan dari tindakan ini adalah dapat memperbaiki anatomi retina mata dan juga mempertahankan fungsi visual pada retina sehingga dapat memperlambat dan mencegah terjadinya kebutaan.

"Tindakan Vitrektomi ini juga dapat dilakukan lebih dari satu kali pada satu pasien, tergantung pada indikasinya," ujar Widya, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Sudah Dibicarakan Sejak Tahun Lalu, Travel Bubble Batam-Singapura Bukan Keputusan yang Terburu-buru

Lanjut Widya, untuk masyarakat kota Batam khususnya pasien dengan kelainan retina yang lepas dari perlengketannya atau disebut Ablasio Retina, perdarahan mata karena diabetes dan yang telah dioperasi menggunakan silicon sebelumnya namun tak bisa keluar kota atau negeri untuk mendapatkan layanan tersebut karena pandemi tak perlu khawatir lagi.

Saat ini RSAB telah sudah bisa melakukan tindakan Vitrektomi yang tentunya dilakukan oleh dokter spesialis mata yang berkompeten.

Harapannya dengan diadakannya pelayanan tersebut maka RSAB dapat memberikan solusi kesehatan mata bagi masyarakat Kota Batam dan Kepulauan Riau.

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan tersebut, dapat menghubungi Customer Care kami di line telpon 0778-431777 Ext.1991 atau 1992," pungkas dr. Widya.

Baca Juga: Batam New International Port Dibangun Berkonsep Gabungan Pelabuhan Roro dan Bongkar Muat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait