facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada, Golongan Darah Ini Gampang Terserang Stroke

Eliza Gusmeri Sabtu, 15 Januari 2022 | 08:00 WIB

Waspada, Golongan Darah Ini Gampang Terserang Stroke

Bila diserang penyakit ini, pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

SuaraBatam.id - Penyakit stroke dapat menyerang siapapun. Stroke merupakan salah satu penyakit yang ditakutkan banyak orang.

Bila diserang penyakit ini, pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Untuk orang-orang yang rentan dengan penyakit stroke dapat dikaitkan dengan golongan darahnya.

Melansir dari berbagai sumber (14/1/2022), orang yang memiliki golongan darah AB lebih rentan terkena penyakit stroke dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Baca Juga: Cegah Stroke, Cobalah Konsumsi Minuman Tanpa Gula Ini Setiap Hari!

Selain orang-orang bergolongan darah AB, wanita pemilik golongan darah B juga memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit stroke.

Menurut penelitian, orang-orang yang memiliki golongan darah A, B, dan AB lebih berisiko mengalami penyumbatan darah di bagian kaki.

Sementara itu, si pemilik golongan darah O lebih rentan mengalami pendarahan dan enggak mudah menderita penyumbatan darah.

"Ada bukti-bukti bahwa golongan darah berpengaruh pada penyakit kronik. Memang belum dibuktikan dengan jelas, tapi ini menambah faktor lain yang perlu diwaspadai," ujar seorang dokter dari Harvard's Brigham and Women's Hospital.

Para ilmuwan telah melakukan penelitian terhadap 90 ribu pria dan wanita yang berlangsung selama lebih dari 20 tahun. Hasilnya, ditemukan 2.901 kasus stroke dalam penelitian tersebut.

Baca Juga: Anak Ungkap Kronologi Tukul Arwana Tergeletak hingga Dilarikan ke RS

Kesimpulannya, pria dan wanita bergolongan darah AB memiliki risiko stroke 26 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang bergolongan darah O.

Nah, itulah golongan darah yang rentan terserang stroke. Hati-hati, ya!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait