alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Booster di Batam Dimulai Hari Ini di Vihara Maitreya, Dihadiri Mendagri

Eliza Gusmeri Kamis, 13 Januari 2022 | 11:00 WIB

Vaksinasi Booster di Batam Dimulai Hari Ini di Vihara Maitreya, Dihadiri Mendagri
Ilustrasi vaksinasi lansia. [Dok.ANTARA]

Dikatakan Ansar, vaksinasi Kabupaten/kota akan dimulai pada pukul 08.00 pagi di masing-masing titik pusat pelayanan vaksinasi.

SuaraBatam.id - Vaksinasi ketiga atau booster di Batam akan diberikan perdana hari ini di Vihara Maitreya. Pelaksanaan vaksinasi perdana dihadiri langsung Mendagri RI Tito Carnavian bersamaan dengan kunjungan kerjanya di Provinsi Kepri.

"Untuk Kepri kita akan launching perdana di Kota Batam tepatnya di Vihara Duta Meitraya pada pukul 13.30 WIB, "kata Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad saat menggelar vicon Rapat Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 Dosis Booster di Kepulauan Riau dari Graha Kepri Batam, Rabu (12/1).

Dikatakan Ansar, vaksinasi Kabupaten/kota akan dimulai pada pukul 08.00 pagi di masing-masing titik pusat pelayanan vaksinasi.

Dikutip dari kepriprov, pelaksanaan vaksinasi perdana dosis ke-3 akan diprioritaskan untuk para lansia dan mereka yang sudah di atas usia 18 tahun, serta sudah mendapatkan 2 kali vaksin secara lengkap, dengan durasi suntikan terakhir sudah berjalan 6 bulan.

Baca Juga: Guru SMA di Batam Kembalikan Dana BOS yang Diduga Dipakai buat Liburan

"Kita targetkan vaksinasi perdana di Kepri sebanyak 15 ribu orang, " jelas Gubernur Ansar.

Gubernur mengatakan pelaksanaan vaksinasi booster kali ini, dimaksudkan sebagai tambahan untuk lebih meningkatkan kekebalan antibodi imun tubuh. Setelah sebelumnya, kita mendapatkan dua kali vaksinasi.

Pemberian vaksinasi ke 3 kali ini, juga dipastikan relatif lebih aman. Di mana resiko adanya keluhan pasca dilakukan suntikan vaksinasi, seperti Kejadikan Ikutan Pasca Imuninasi (KIPI) potensinya sangat kecil sekali.

"Terlebih teknis penyuntikan vaksin ke tiga nanti, hanya akan diberikan setengah dari dosis yang diberikan yakni 0,25 persen. Bukan dengan dosis penuh 0,50 persen, " tegas Gubernur Ansar lagi.

Adapun teknis penyuntikan vaksinasi nanti, sesuai kebijakan Kemenkes RI adalah, untuk vaksin primer sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis pfizer atau Astrazeneca.

Baca Juga: Guru SMAN 1 Batam Kembalikan Dana BOS yang Diduga Dipakai Liburan ke Malaysia

Sedang untuk mereka yang telah menerima vaksin primer pertama astrazeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua Astrazeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis yakni moderna.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait