facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkab Sediakan Dana Pinjaman untuk UMKM tanpa Bunga, Dikucurkan Senilai Rp1,9 Miliar

Eliza Gusmeri Sabtu, 01 Januari 2022 | 10:51 WIB

Pemkab Sediakan Dana Pinjaman untuk UMKM tanpa Bunga, Dikucurkan Senilai Rp1,9 Miliar
Ilustrasi UMKM. (Dok: BRI)

Bunga pinjamannya akan dibayarkan oleh Pemkab Bintan. Pemkab Bintan telah mengucurkan Rp 1,9 miliar melalui APBD 2022 untuk menanggung bunga.

SuaraBatam.id - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), sudah bisa meminjam uang di BPR Bintan pada tahun ini.

Bunga pinjamannya akan dibayarkan oleh Pemkab Bintan. Pemkab Bintan telah mengucurkan Rp 1,9 miliar melalui APBD 2022 untuk menanggung bunga tersebut dengan estimasi masa angsuran selama 3 tahun.

Bagi pelaku UMKM yang meminjam uang, cukup membayar pinjaman pokoknya saja ke perbankan milik BUMD Bintan tersebut.

"Sudah bisa dimulai peminjamannya dari Januari 2022-Desember 2024. Bantuan subsidi bunga ini tentunya kita harapkan mampu meringankan beban pelaku UMKM yang kesulitan modal kerja," oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, dikutip dari Batamnews, Sabtu, 1 Januari 2022.

Baca Juga: Pelatihan Ekonomi Digital di 2022 Ditargetkan Diikuti oleh 200.000 Peserta

Untuk mendapatkan pinjaman uang tanpa bunga itu syaratnya adalah warga Kabupaten Bintan dan memiliki e-KTP Bintan.

Lalu terdaftar basis data di DKUPP Bintan dan selanjutnya bisa mengajukan pinjaman ke BPR Bintan. Pihak bank akan lakukan verifikasi.

Ada dua tipe pinjaman yang dihadirkan dalam program ini. Pertama pinjaman untuk modal usaha maksimal sebesar Rp 10 juta dan pinjaman untuk pengadaan sarana/prasarana usaha sebesar Rp 30 juta.

"Syarat detailnya bisa ditanyakan langsung ke BPR Bintan. Kita harapkan stimulus pinjaman tanpa bunga ini, membuat pelaku usaha kedepannya berkembang dan menjadi lebih baik lagi," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan juga turut menyerahkan bantuan secara simbolis pinjaman program bunga 0% tersebut kepada pelaku UMKM serta menyerahkan 10 unit kios kontainer, 10 unit etalase dan 10 unit tenda kepada BUMDes Teluk Bakau.

Baca Juga: Data Tunggal Koperasi dan UMKM Indonesia Penting Untuk Mudahkan Pemantauan

Untuk diketahui, bantuan subsidi pinjaman uang tanpa bunga bagi pelaku UMKM tersebut merupakan kerja sama Pemkab Bintan dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait