alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenali Kista Ganglion, Tumor Jinak yang Dialami Chelsea Olivia

Eliza Gusmeri Rabu, 24 November 2021 | 19:00 WIB

Kenali Kista Ganglion, Tumor Jinak yang Dialami Chelsea Olivia
(Instagram/chelseaoliviaa)

Kista ganglion merupakan tumor jinak pada bagian sendi atau bisa juga pada jaringan yang menghubungkan tulang dengan otot (tendon).

SuaraBatam.id - Chelsea Olivia dikabarkan telah menjalani operasi benjolan sekitar pergelangan tangannya. Ternyata benjolan itu adalah kista ganglion.

Dikutip dari Herstory, Kista ganglion merupakan tumor jinak pada bagian sendi atau bisa juga pada jaringan yang menghubungkan tulang dengan otot (tendon).

Umumnya kista ganglion lebih mudah muncul di sekitar pergelangan tangan dan bisa terjadi pada segala usia. Tetapi lebih sering terjadi pada wanita berusia 20 sampai 40 tahun.

Benjolan dari kista ganglion ini bisa berubah ukuran dengan cepat ketika digerakan. Tapi bisa juga menghilang begitu saja.

Baca Juga: 10 Anak Artis Punya Pipi Chubby, Imut dan Bikin Gemes!

Sejatinya kista ganglion tak menimbulkan gejala, tetapi bisa juga menimbulkan rasa sakit terlebih jika tumbuh di lokasi yang mengganggu pergerakan sendi.

Karena adanya tekanan pada saraf yang mengakibatkan nyeri, kesemutan sampai mati rasa. Faktor penyebab munculnya kista ganglion seperti cedera pada sendi dan kondisi osteoarthritis.

Apakah Berbahaya?

Melansir Medical News Today (24/11/2021), kista ganglion tak berbahaya karena merupakan tumor jinak yang tak dapat menyebar pada organ tubuh dan tak memicu penyakit kanker.

Benjolan akibat kista ganglion berbentuk oval atau bulat dan berisikan cairan sendi yang menumpuk.

Baca Juga: 5 Artis Punya Gigi Gingsul, Masya Allah Cantik Banget!

Namun apabila benjolan tersebut dirasa mengganggu sampai menimbulkan rasa sakit sebaiknya segera lakukan pemeriksaan bersama dokter.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait