alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BP Batam dan Kemenko Perekonomian Bahas Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand

Eliza Gusmeri Sabtu, 20 November 2021 | 09:27 WIB

BP Batam dan Kemenko Perekonomian Bahas Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand
Kepala BP Batam menerima kunjungan kerja Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Kemenko Perekonomian RI, Netty Muharni (ist)

Pembahasan itu dilakukan saat kunjungan kerja Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Kemenko Perekonomian RI, Netty Muharni di Marketing Centre BP Batam,

SuaraBatam.id - Pengusahaan Batam (BP Batam) membahas perkembangan dan potensi pemanfaatan kerja sama Ekonomi Sub Regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle atau IMT-GT.

Pembahasan itu dilakukan saat kunjungan kerja Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Kemenko Perekonomian RI, Netty Muharni di Marketing Centre BP Batam, pada Jumat (19/11/2021).

IMT-GT dibentuk oleh para petinggi di Indonesia, Malaysia, dan Thailand pada tahun 1993 dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara IMT-GT.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dalam sambutannya Ia memaparkan rencana pembangunan dan pengembangan Kota Batam yang akan menjadi daya tarik para investor untuk berinvestasi di Kota Batam.

Baca Juga: Kepala BP Kunjungi Konsul RI di Dubai, Bahas Investasi Thumbay Group di Batam

“Saat ini, Pembangunan di Batam sedang dibenahi, akses jalan juga sedang disempurnakan dan urusan perizinan telah berjalan dengan menggunakan sistem agar pelayanan lebih mudah, semua ini dilakukan untuk menarik perhatian dan meyakinkan para investor agar lebih percaya untuk berinvestasi di Batam,” kata Muhammad Rudi di hadapan para rombongan.

Rudi meyakini dengan pembangunan yang dilaksanakan pihaknya akan membawa dampak baik bagi daya saing Batam. Baginya hal itu sejalan dalam upaya dukungan kepada pemerintah untuk potensi pemanfaatan kerja sama ekonomi Sub regional IMT-GT.

“Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama di tiga negara ini dapat memberikan dampak positif dan membuka peluang masuknya investasi asing di Batam,” harap Rudi.

Seiring dengan perkembangan Ekonomi, Sosial dan Budaya di tiga negara ini, tujuan IMT-GT bertransformasi yakni untuk mewujudkan Kawasan IMT-GT sebagai Kawasan yang terintegrasi, inovatif, inklusif dan berkelanjutan di tahun 2036.

Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Kemenko Perekonomian RI, Netty Muharni mengatakan dalam kesempatannya, dalam rangka tindak lanjut dari kegiatan konferensi tingkat tinggi IMT-GT yang telah berlangsung beberapa waktu lalu sekaligus melihat adanya potensi juga peluang yang besar untuk masuknya investasi di Batam.

Baca Juga: Di KTT ke-13 IMT-GT, Presiden Jokowi Beberkan Tiga Hal Upaya Pemulihan Ekonomi

"Pada 28 Oktober 2021 lalu, para pimpinan dari Indonesia, Malaysia dan Thailand telah melakukan pertemuan IMT-GT ke-13 secara daring. Hasil pertemuan IMT-GT menghasilkan beberapa pembahasan terutama terkait kerja sama pemulihan Ekonomi pasca Covid-19 dengan mengedepankan pada 3 (tiga) sektor Ekonomi yaitu Pariwisata, Pertanian dan Industri halal," ujar Netty.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait