facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Singapura Terima Wisatawan Indonesia Tanpa Karantina, Ini Waktu dan Syaratnya

Eliza Gusmeri Selasa, 16 November 2021 | 12:00 WIB

Singapura Terima Wisatawan Indonesia Tanpa Karantina, Ini Waktu dan Syaratnya
Pelabuhan Internasional di Batam (foto: antara)

Jalur yang dibuka adalah jalur perjalanan bagi orang yang sudah divaksin (VTL).

SuaraBatam.id - Pemerintah Singapura berencana membuka pintu masuk untuk pelancong Indonesia, pada 29 November 2021.

Jalur yang dibuka adalah jalur perjalanan bagi orang yang sudah divaksin (VTL). Hal itu diinformasikan saat penguatan kerja sama bilateral khususnya pengaturan perjalanan yang aman melalui VTL dibahas oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan dalam pertemuan di Singapura pada Selasa.

Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan pembahasan mengenai pengaturan VTL secara bilateral (resiprokal).

Kedua menlu juga membahas detail pelaksanaan VTL unilateral yang diberikan oleh Singapura kepada pelaku perjalanan dari Indonesia berdasarkan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain secara langsung, yaitu dari Jakarta ke Singapura.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Singapura Perluas Jalur Perjalanan Vaksinasi

"Menlu Singapura menyampaikan bahwa pemberlakuan VTL unilateral oleh Singapura antara lain didasarkan pada kepercayaan terhadap sistem (trust), terus membaiknya situasi COVID-19 di Indonesia, serta semakin tingginya tingkat vaksinasi,” kata Menlu RI usai pertemuan tersebut, seperti disampaikan melalui keterangan tertulis.

Menlu Retno juga menyampaikan informasi dari Menlu Singapura bahwa pemberlakuan VTL unilateral Singapura akan menggunakan penerbangan tertentu (assigned flight), untuk terus menjaga kesehatan.

Dengan VTL, pelaku perjalanan dari Indonesia yang telah divaksin dapat masuk ke Singapura dengan menunjukkan hasil tes usap PCR negatif kemudian melakukan tes COVID-19 saat ketibaan, tanpa perlu menjalani karantina.

Kuota untuk VTL adalah 10.000 orang per hari untuk pendatang dari semua negara yang memperoleh VTL. Pelaku perjalanan tetap harus meminta izin masuk terlebih dahulu kepada pemerintah Singapura sebelum berkunjung ke negara itu.

Warga Negara Indonesia (WNI) mulai dapat mengajukan aplikasi untuk izin masuk ke Singapura pada 22 November 2021.

Baca Juga: Komoditas Kopi Indonesia Kuasai Pasar Singapura, Alasannya karena Ini

Pemerintah Indonesia dan Singapura juga terus membahas pembuatan koridor perjalanan (bubble) yang aman, terutama untuk destinasi Bintan (dari Singapura) dengan menggunakan kapal feri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait