alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jangan Salah, Ini Perbedaan Barcode dan QR Code

Eliza Gusmeri Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:19 WIB

Jangan Salah, Ini Perbedaan Barcode dan QR Code
QR Code. [Suara.com/Hilal Rauda Fiqry]

Barcode dan QR code memiliki pengertian yang berbeda.

SuaraBatam.id - Mungkin masih banyak yang menyamakan antara barcode dan QR code. Kode ini biasanya dijumpai di kemasan produk atau saat melakukan pembayaran.

Barcode dan QR code memiliki pengertian yang berbeda.

Kode silang atau kode batang (barcode) adalah data optik berupa garis atau batang yang dibaca oleh mesin. Kode-kode ini berfungsi untuk membedakan satu jenis produk dari yang lain.

Sesuai dengan namanya, kode ini berbentuk batang yaitu kotak memanjang yang sudah disematkan informasi.

Baca Juga: WNA Asal Sri Lanka Curi Data Nasabah di Batam, Transaksi Ilegal di 15 Kartu ATM

Dalam penerapannya, kode batang alias barcode biasanya digunakan untuk produk ritel, produk penerbitan, kode obat-obatan farmasi, hingga produk non-ritel seperti kartu identitas atau tanda pengenal lainnya

Dengan melakukan scan barcode, maka kamu akan menemukan informasi tentang harga, pembuatan, dan informasi-informasi penting lainnya dari sebuah produk.

Meski demikian, informasi yang tersipan pada barcode terbatas teks dan angka saja. Selain itu, informasi yang bisa disematkan dalam barcode ini juga sangat terbatas.

Sementara QR adalah singkatan dari Quick Response, QR bisa dikatakan sebagai perkembangan barcode dari satu dimensi ke dua dimensi (2D).

Kode QR berbentuk persegi panjang dengan tiga kotak hitam kecil di ketiga ujungnya dan mudah dibaca dengan membaca / memindai kode QR.

Baca Juga: Disperindag Batam Selidiki Alur Pelansir, Sanksi Hukum Menyusul

Lain dengan barcode, informasi yang bisa disimpan di QR Code lebih beragam antara lain alamat email, nama, detil data, situs website, foto, video, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait