alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terserang Kantuk Setelah Makan, Ini 4 Penyebabnya!

Eliza Gusmeri Selasa, 28 September 2021 | 14:10 WIB

Terserang Kantuk Setelah Makan, Ini 4 Penyebabnya!
Ilustrasi mengantuk di siang hari. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kondisi itu disebabkan oleh bentuk respon tubuh terhadap perubahan kimia yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

SuaraBatam.id - Kondisi terserang kantuk setelah makan mungkin sering dialami banyak orang. Namun, bila kondisi itu menyerang saat bekerja tentunya akan sangat mengganggu aktivitas.

Mengantuk setelah makan sebenarnya adalah kondisi yang wajar. Dikutip dari yoursay.id kondisi itu disebabkan oleh bentuk respon tubuh terhadap perubahan kimia yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Mengutip hellosehat, bukan karena kekenyangan, ini 4 penyebab sering mengantuk setelah makan:

1. Pola pencernaan dan hormon pada otak

Baca Juga: Mengantuk Saat Bekerja? Ini Cara Jitu Mengatasinya!

Untuk dapat menjalankan fungsi organ, tubuh membutuhkan energi. Energi didapatkan dari berbagai makanan yang kita konsumsi. Pada saat setelah makan, tubuh akan memecah zat gizi yang didapatkan dari makanan menjadi glukosa yang kemudian digunakan untuk menjadi energi.

Tubuh akan melepaskan beberapa hormon seperti hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin untuk meningkatkan kadar gula darah, memberikan perasan kenyang dan memproduksi insulin yang dialirkan ke dalam sel untuk menyediakan energi.

Selain itu, otak juga melepaskan hormon serotonon yan menyebabkan rasa kantuk. Makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi produksi melatonin di otak. Kedua hormon inilah yang berperan menyebabkan rasa kantuk setelah makan.

2. Jenis makanan yang dikonsumsi

Beberapa makanan juga ternyata bisa menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan seperti daging ayam, ikan, telur, bayam, dan makanan yang mengandung tinddi protein lainnya. Makanan tinggi protein tersebut memiliki asam amino triptofan. Asam amino ini akan digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotoninn yang bertanggung jawab terhadap rasa kantuk.

Baca Juga: Suka Mengantuk setelah Makan Nasi? Coba Lakukan Dua Tips Berikut

3. Kebiasaan tidur

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait